Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tema Diri Sendiri PAUD atau TK

Tema diri sendiri PAUD atau TK

Tema diri sendiri PAUD atau TK ialah pembelajaran mengenali diri kita dengan mengenali anggota badan dan perannya di mana pengenalan ini berguna untuk mendapatkan pengetahuan dan menghargakan diri dalam hubungannya dengan aktivitas makan, mengerjakan kebersihan, dan menjaga kesehatan, dan menyukai dan mensyukuri dianya sendiri selaku ciptaan Tuhan.

Tema diri sendiri yang didistribusikan tiga minggu, guru ambil aktivitas yang sesuai tema diri sendiri dari Program semester dan dipindah ke dalam Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan untuk lebih diutamakan kembali dituang dalam Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH).

Program semester berisi mengenai program pembelajaran berkenaan: topik, sub topik, kapabilitas landasan dan saat yang diatur secara urut dan struktural. Berikut program semester untuk pembelajaran tema diri sendiri:

Beberapa anak umur dini perlu belajar mengenai pengenalan diri kita. Pengenalan diri kita pada anak umur dini benar-benar dibutuhkan untuk lebih pahami jati diri dan keluarga, untuk mengenali anggota badan pada umumnya. Tema diri sendiri ialah evaluasi mengenali diri kita dengan mengenali anggota badan dan perannya di mana pengenalan ini berguna untuk mendapatkan pengetahuan dan menghargakan diri dalam hubungannya dengan aktivitas makan, lakukan kebersihan, dan memelihara kesehatan, dan menyukai dan mensyukuri dianya selaku ciptaan Tuhan.

Supaya pelajaran ini jadi lebih membahagiakan, beberapa guru PAUD perlu mengajar ke beberapa anak umur dini dengan sistem yang membahagiakan, misalkan dengan manfaatkan beberapa alat peraga, lagu, film, dan yang lain. Salah satunya lagu yang pas dipakai selaku media belajar dengan tema diri sendiri ialah lagu anak dengan judul "Aku Percaya Diri". Di bawah ini ialah lirik lagunya:

Contoh Lagu Tema Diri Sendiri

 "Aku Percaya Diri"

Teman-teman , inilah Aku ciptaan Tuhan

Aku Unik tanpa yang serupa, seperti diriku

Meski hidungku begini,

Meski kulitku begini,

Meski rambutku begini

Tetap kusyukuri


Meski mataku begini,

Meski perutku begini,

Meski telingaku begini

Tetap percaya diri

Lagu di atas bercerita mengenai seorang anak yang mengutarakan perasaan sukurnya atas anugerah yang Tuhan beri. Tuhan memberi mata untuk menyaksikan, hidung untuk bernafas, telinga untuk dengar, dan anggota badan yang lain. 

Walau mengetahui jika dia terbentuk berlainan dengan sesamanya manusia, dia masih mensyukuri kekhasan yang ada pada dianya. Karena itu, dia tetap harus optimis, jangan kurang percaya diri maupun jangan malu. Rasa optimis adalah langkah mengutarakan perasaan sukur atas semua yang Tuhan beri.

Aku Mandiri

Nada : becak

(Saat menyebutkan kata cantik atau ganteng tunjuk anaknya)

Aku anak mandiri

Bangunnya pagi pagi

Lalu ku pergi mandi

Tak lupa gosok gigi

Pakai baju sendiri

Dandan ku sudah rapi

Papa..Mama..aku mohon diri..


Aku tak nangis lagi

Tak usah ditemani

Aku anak pemberani

Semuanya harus sendiri

Papa Mama ku pergi

Untuk mencari rezeki

Papa...  mama... jemput aku nanti.

Anggota Tubuh

Nada:  balonku

Tubuhku sangat indah

Ada mata ada telinga

Hidung mulut tangan dan kaki

Semua anggota tubuh

Wajahku sangat cantik

(subhanallah)

wajahku sangat ganteng(AllahuAkbar)

Untuk itu harus bersyukur

Pada Allah maha pencipta


Aku anak mandiri

Nada: tamasya

aku anak mandiri

Selalu bangun pagi

Mandi dan gosok gigi

Kulakukan sendiri

Pakai baju sendiri

Makan tak di suapi

Aku...aku...aku anak mandiri


Aku anak sholeh

Nada: Anak gembala

Aku adalah anak yang sholeh selalu riang serta gembira..

Sholat yang lima tidaklah lupa..

berbakti pada ayah dan bunda..

Laailaahaillallah muhammadurrosulullah....2x


Panca Indera

Nada : Tamasya

Mata untuk melihat

Telinga untuk mendengar 

tangan untuk memegang 

kaki untuk berjalan 

hidung untuk mencium 

mulut untuk bicara,

mari-mari berbicara yang sopan               


 I, We, You, They, He, She

Nada: Anak Gembala

Aku itu I (sambil nunjuk diri sendiri)

kamu itu you (sambil nunjuk teman)

Dia itu he (sambil nunjuk teman laki-laki)

Dia itu she (sambil nunjuk teman perempuan)

Mereka they (menunjuk ke semua anak)

Kita itu we,

We are family

We are so happy...

syalalalalala...

syalalalalala...


AKU PUNYA CITA - CITA

Nada: Lagu DORAEMON

Aku ingin begini..

aku ingin begitu..

ingin ini ingin itu banyak sekali..

Semua, semua, semua dapat diwujudkan,

dapat diwujudkan dengan rajin belajar..

Aku punya cita-cita yang mulia...

Hai....teman-temanku....

La..la..la aku ingin menjadi orang berguna...

La..la..la berguna bagi bangsa dan agama..


"KEPALA PUNDAK"

Nada : bungong jeumpa

Ro'sun katifun ro'sun katifun,rukbatun,rijlun.

Ro'sun katifun ro'sun katifun,daqnun,jabhadun.

Haadza udzunun,'ainun,'anfun,syafatun.

Ya'dun fii bathnun (amboi)

Bathnun fii kholi-kholi..


Kepala pundak,kepala pundak,lutut dan kaki.

Kepala pundak,kepala pundak,dagu dan dahi.

Ini telinga,mata,hidung,mulut.

Tangan di perut (amboi)

Perut digoyang-goyang..

Lagu bisa divariasikan sesuai nama anggota tubuh yang mau diajarkan pada anak.


Tangan dan Kaki

Nada : Indung-Indung

Aku Punya Tangan & Kaki ...

Dari Allah Yang Sudah Pasti ...

Apa Guna Semua Ini ...

Agar Dapat Berdiri Sendiri ...

Bangun Pagi , Bangun Sendiri ...

Mandi Pagi , Mandi Sendiri ...

Makan Pagi , Makan Sendiri ...

Kesekolah Berangkat Sendiri ...


Tepuk

Tepuk Anugrah Terindah

Nada: kalau kau suka hati tepuk tangan

Mata berguna untuk melihat (prok 3x)

Telinga berguna untuk mendengar (prok 3x)

Hidung untuk mencium

Lidah untuk merasa

Kulit gunanya untuk peraba

(prok 3x)                         

Tangan gunanya untuk memegang 

(prok 3x)

Kaki gunanya untuk berjalan

(prok 3x)

Alhamdulillah kita sempurna

Syukur pada Alloh Maha Esa.........

 

Contoh Kreasi Tema Diri Sendiri

Di bawah ini ialah contoh dari kreativitas-kreasi ini:

Kreativitas memotong dan memberi warna bentuk tas

Kreativitas ini dibikin dengan bahan gambar tas yang diciptakan di atas kertas HVS. Beberapa anak disuruh memberi warna kertas bermotif tas ini, lalu memotongnya.


Papan mangkir berupa kereta api memiliki bahan bekas kotak rokok

Papan ini dibikin dengan bahan kotak rokok sisa yang dihias dengan kertas origami. Beri lubang pada tiap gerbang. Lubang ini akan berperan selaku tempat masuknya kartu nama anak. Kartu nama anak dapat dibikin dengan kertas manila. Waktu membuat kartu nama anak, tulis nama anak di bagian atas kartu, hingga waktu kartu ditempatkan nama anak akan nampak di luar kotak.


Kreativitas berupa telapak tangan

Kreativitas ini dibikin dengan minta anak mencelupkan telapak tangan pada bahan warna. Lantas ke-2 telapak tangan ditempelkan pada selembar kertas HVS. Lantas wujud telapak tangan dipotong sesuai skema telapak tangan setiap anak yang telah tertempel pada kertas HVS. Bahan warna yang digunakan ialah bahan warna makanan atau memakai pasta bahan warna.
















Papan mangkir berhiaskan bunga tersenyum dan bunga berduka

Bahan yang diperlukan untuk bikin kreativitas ini ialah kertas asturo warna hijau tua. Kertas asturo dibikin dengan wujud daun dan batang. Beri ruangan kosong sebesar lidi di bagian tengah batang bunga. Pada setiap wujud daun, lekatkan nama anak.

Lalu kertas asturo dengan warna yang ceria dipakai untuk bikin wujud bunga. Wujud bunga ditempeli sebatang lidi. Lidi yang tertempel pada bunga bisa dimasukkan pada dalam ruangan pada batang bunga. Jika anak masuk kelas, karena itu bunga tersenyum yang dipamerkan. Jika anak tidak masuk kelas, karena itu bunga berduka yang dipamerkan.


Kreativitas anak laki laki dan wanita membaca buku

Kreativitas ini pas diberikan di saat beberapa anak belajar mengenai topik diriku, sub-tema kesukaanku. Kreativitas ini dibikin dengan kertas HVS warna. Terlihat gambar lelaki dan wanita sedang membaca buku.


Kreasi kardus Diri Sendiri

Bahan yang dibtuhkan diantaranya :
  • Kardus / Karton sisa : selaku alas
  • Kertas origami : selaku dekor APE
  • Perekat berserabut : untuk menyambung anggota badan (perekat ini biasa digunakan untuk menyambung kain dan dapat dilepas)
  • Gunting : untuk memotong skema
  • Lem : untuk menyambung skema pada media
Langkah Membuat hasta kreasi ini ialah :
  • Buat pola orang pada kertas origami.
  • Gunting kertas seperti skema orang dan anggota badan.
  • Rekatkan skema pada kardus atau karton sisa.
  • Berikan perekat pada anggota badan untuk evaluasi.
  • Rekatkan anggota badan pada tempat yang tepat.



















Salah satunya topik menarik evaluasi tema diri sendiri ialah pengenalan anggota badan. Waktu anak belajar mengenai anggota badan, kita dapat ajak anak belajar dengan media permainan.

Mewarnai Tema Diri Sendiri

Berikut ini contoh gambar untuk diwarnai

Gambar 1




Gambar 2




Gambar 3






Menarik Garis Tema Diri Sendiri


Menarik Garis 1


Menarik Garis 2




Untuk contoh materi Tema dan Sub Tema Diri Sendiri bisa dibaca di artikel ini : Tema dan Sub Tema Diri Sendiri

Posting Komentar untuk "Tema Diri Sendiri PAUD atau TK"