Indikator PAUD kelompok umur 3 - 4 Tahun
Dibawah ini contoh Indikator PAUD kelompok umur 3 - 4 Tahun
Tampilan di HP kemungkinan tidak sempurna, untuk melihat keseluruhan isi konten dalam tabel harus menggunakan laptop/PC
ASPEK PENGEMBANGAN |
STANDAR PENGEMBANGAN |
PENGEMBANGAN DASAR |
INDIKATOR |
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA |
I. Anak mampu meniru dan
mengucapkan bacaan doa/lagu-lagu keagamaan dan gerakan beribadah secara
sederhana serta mulai berperilaku baik atau sopan |
a. Dapat mengucapkan
bacaan doa dan lagu keagamaan secara sederhana |
1. Mengikuti bacaan
doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan 2. Menirukan lagu-lagu
keagamaan |
b. Dapat
meniru gerakan ibadah secara sederhana |
1. Menirukan
sikap berdoa 2. Meniru
gerakan ibadah yang sederhana |
||
c. Dapat
mengenal dan menyayangi ciptaan Tuhan |
1. Menyebut
contoh ciptaan Tuhan secara sederhana (Contoh: Kucing, anjing) 2. Menyayangi
ciptaan Tuhan (Contoh: Memberi makan binatang peliharaan) 3. Mau
menolong teman 4. Menunjukkan
empati dan perhatian terhadap orang lain (teman sebaya) |
||
d. Dapat mengenal sopan santun dan mulai berperilaku
saling menghormati sesama |
1. Mengucapkan
salam, terima kasih, minta tolong, minta maaf secara sederhana 2. Mau
menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah |
||
B. SOSIAL,
EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN |
I. Anak
mampu beriteraksi, dapat menunjukan reaksi emosi yang wajar, mengenal
tanggung jawab, kemandirian dan mulai
menunjukkan rasa percaya diri |
a. Dapat
berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa yang dikenal |
1. Senang bermain dengan teman 2. Meminta
izin bila menggunakan benda milik orang lain 3. Mau bekerja dalam kelompok 4. Berkomunikasi
dengan orang-orang yang ditemuinya 5. Meminta
perhatian dengan mengangkat tangan, membuat permintaan verbal, atau cara
lainnya 6. Mendengar
dan berbicara dengan orang dewasa yang dikenalnya 7. Mengadukan
masalah kepada orang dewasa ketika mengalami ketidaknyamanan dengan teman 8. Mau menyapa teman 9. Tidak mengganggu teman 10. Mau mengalah 11. Mau menolong teman 12. Menunjukkan
perhatian terhadap orang lain |
b. Dapat
menjaga keamanan diri sendiri |
1. Menghindari
dari benda-benda yang berbahaya 2. Menolak
sesuatu yang tidak nyaman bagi dirinya |
||
c. Mulai
menunjukkan rasa percaya diri |
1. Menunjukkan
kebanggaan atas hasil kerja buatannya 2. Berani mengungkapkan pertanyaan atau
pendapat |
||
d. Dapat
menunjukkan kemandirian |
1. Menolong
dirinya sendiri (makan, minum, kegiatan toilet, dll) 2. Mampu
berpisah dengan orangtua tanpa menangis 3. Memilih kegiatan sendiri 4. Melakukan kegiatan kebersihan diri dan
lingkungan sekitarnya (gosok gigi, cuci tangan) |
||
e. Dapat
menunjukkan reaksi emosi yang wajar |
1. Dapat dibujuk jika menangis 2. Menunjukkan ekspresi emosi ketika
mengalami ketidaknyamanan (Misal: Diganggu temannya) 3. Menunjukkan ekspresi emosi ketika
mengalami kegembiraan (Misal: Mendapat hadiah) |
||
f. Mulai
menunjukkan sikap kedisiplinan |
1. Memiliki
kebiasaan yang teratur (makan, minum, mandi, tidur) 2. Sabar menunggu giliran |
||
g. Dapat
mengenal rasa tanggungjawab |
1. Menjaga
barang milik sendiri dan orang lain 2. Meletakkan
sesuatu pada tempatnya 3. Merapikan
alat-alat setelah melakukan kegiatan |
||
C. BAHASA |
I. Anak
dapat mendengarkan, berkomunikasi secara lisan, serta memiliki perbendaharaan
kosakata, yang semakin banyak |
a. Dapat
mendengarkan informasi lisan |
1. Mengikuti
dua atau lebih petunjuk/perintah 2. Bertanya
dan berkomentar tentang cerita yang didengarnya 3. Mendengarkan
cerita dan menunjukkan pemahaman melalui bahasa tubuh, menunjukkan gambar,
atau menceritakan kembali 4. Mengikuti
petunjuk dari tape/CD/lagu untuk melakukan gerakan |
b. Dapat
berkomunikasi/berbicara secara lisan dengan jelas |
1. Menyebutkan
nama diri dan orangtua 2. Berbicara
dengan kalimat sederhana dan jelas 3. Menyampaikan
pesan dari orangtua ke guru 4. Mengambil
keputusan ketika dihadapkan pada pilihan 5. Mulai
bertanya dengan suatu tujuan 6. Menyanyikan
lagu sederhana 7. Menggunakan
kata tanya "apa, siapa, dimana" 8. Menggunakan
kata keterangan (Contoh: Lambat, lucu, dll.) 9. Menjawab
pertanyaan tentang hubungan sebab akibat secara sederhana 10. Menggunakan 3-4 kata
dalam 1 kalimat 11. Menyebutkan benda
sesuai fungsinya 12. Menggunakan kata
kepunyaan 13. Meniru bunyi
huruf-huruf 14. Menyebutkan suku kata
pertama dari kata yang sudah dikenal saat guru mengucapkan suku kata pertma
(Contoh: Mengucapkan suku kata “sil” ketika guru mengucapkan suku kata “pen”) 15. Mengenali tulisan nama
diri sendiri 16. Menceritakan
pengalaman sederhana 17. Menceritakan kembali
cerita yang didengarnya/peristiwa yang dialami secara sederhana 18. Berkomentar atas
cerita yang dibacakan 19. Berpartisipasi dalam
percakapan dengan teman |
||
c. Mulai
menunjukkan dorongan untuk membaca (pramembaca) |
1. Tertarik pada buku cerita dan berusaha
membaca 2. Memegang
buku dengan benar dan membalik halaman satu persatu 3. Menanyakan
arti gambar/tulisan pada buku 4. Meminta
untuk dibacakan suatu cerita |
||
d. Dapat
mengenal lambang-lambang sederhana (pramenulis) |
1. Menunjuk
huruf-huruf yang diucapkan guru 2. Mengidentifikasi
huruf-huruf yang terdapat dalam namanya sendiri 3. Menunjukkan
benda yang diawali dengan huruf tertentu. 4. Menjelaskan
apa yang terjadi di dalam gambar |
||
e. Dapat
menghasilkan coretan-coretan (pramenulis) |
1. Mengenali
tulisan nama diri sendiri 2. Mencoret-coret
atau menulis seperti cakar ayam 3. Memegang alat tulis dengan benar 4. Menghasilkan coretan/tulisan dengan menggunakan
berbagai alat tulis |
||
D. KOGNITIF |
I. Anak
mampu mengenal konsep sederhana dan dapat mengklasifikasi |
a. Dapat
mengenal klasifikasi sederhana |
1. Mengelompokkan
benda berdasarkan ciri tertentu (Contoh: menurut bentuk, warna, ukuran,
jenis, dll.) 2. Menunjukkan
benda-benda yang memiliki ciri tertentu (misal: kasar-halus) 3. Membedakan
rasa, bau, suara |
b. Mulai
menunjukkan pemahaman tentang konsep bilangan |
1. Membilang
1-10 (tanpa benda yang dibilang/membilang hapalan) 2. Membilang
dengan benda(dengan menunjukkan benda yang dibilang) 3. Mengenal konsep 1- 3 4. Menyebutkan
empat benda tanpa membilang 5. Menyebutkan banyak anggota keluarga 6. Membedakan banyak benda (Contoh:
sedikit-banyak) 7. Menyebutkan konsep bilangan yang
menunjukkan urutan (Contoh: Saya yang kedua) |
||
c. Mulai
menunjukkan pemahaman tentang geometri |
1. Menunjukkan
bentuk geometri (lingkaran, segiempat, segitiga) 2. Membedakan
benda berdasarkan bentuk geometri |
||
d. Dapat
mengenal konsep ruang dan posisi |
1. Membedakan
posisi suatu benda (atas-bawah,luar-dalam, jauh-dekat, depan-belakang) 2. Mengikuti
perintah tentang posisi (Contoh: Duduk di belakang- didepan) 3. Menempatkan
benda sesuai posisi dalam kehidupan sehari-hari (Contoh: Menempatkan tempat
tidur ketika bermain rumah-rumahan sama seperti yang ada di rumah) |
||
e. Dapat
mengenal konsep ukuran |
1. Membedakan
ukuran sederhana (besar-kecil, panjang-pendek, tinggi-rendah) 2. Membedakan
benda yang berat dan ringan 3. Dapat
menyebutkan isi wadah |
||
f. Dapat
mengenal konsep waktu |
1. Mengenal
waktu pagi, siang, dan malam 2. Mengenal konsep sebentar-lama |
||
g. Dapat
memecahkan masalah sederhana |
1. Menyusun puzzel 5 keping 2. Mencari jejak/maze sederhana |
||
h. Dapat
mengenal pola sederhana |
1. Mengurutkan
pola sederhana berdasarkan warna, bentuk, ukuran 2. Meronce
manik-manik dalam pola berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk |
||
E. FISIK/MOTORIK |
I. Anak
mampu melakukan keterampilan gerak dasar secara sederhana dengan
koordinasi yang lebih baik |
a. Dapat
melakukan gerak di tempat dengan koordinasi yang lebih baik |
1. Melakukan
senam 2. Meniru
gerakan binatang, pohon dan benda-benda di sekitar 3. Berayun/bergelantungan
dengan dua tangan |
b. Dapat
melakukan gerak berpindah tempat dengan koordinasi yang lebih baik |
1. Berdiri
dengan mengangkat satu kaki 2. Berjalan
dengan koordinasi gerak yang baik. 3. Naik turun tangga tanpa berpegangan 4. Mendorong,
menarik, dan mengendarai mainan beroda atau sepeda roda tiga 5. Melompat
turun dari ketinggian 10-20 cm 6. Memanjat dengan berpegangan 7. Berjingkat
(berjalan bertumpu pada ujung kaki) 8. Berjalan
dengan berbagai variasi seperti berjalan lurus, zigzag,dll. 9. Menangkap
bola dengan dua tangan 10. Memasukkan bola ke
dalam keranjang dari jarak tertentu |
||
c. Dapat
melakukan koordinasi mata-tangan dalam rangka kelenturan, kelincahan dan
kekuatan |
1. Membuka/menutup
botol 2. Memegang
benda dengan benar 3. Memegang
benda dengan telunjuk dan ibu jari 4. Mengaduk
cairan dengan berbagai alat 5. Menuang
(air, biji-bijian) tanpa tumpah 6. Menggunakan
jepitan untuk menjepit sesuatu 7. Melukis dengan jari 8. Menggunakan kuas, spidol, dan krayon
untuk mencoret 9. Mengambil
dan mengembalikan benda dengan benar 10. Membuat berbagai bentuk dengan playdough/plastisin/tanah liat 11. Meremas kertas untuk
dijadikan bola 12. Melipat kertas menjadi
dua lipatan secara sederhana 13. Menjiplak garis
horizontal dan vertikal 14. Menjahit pola
sederhana dengan lubang yang besar 15. Meronce dengan
manik-manik yang besar 16. Menggunting bentuk
garis lurus 17. Memakai pakaian dan
mengancingkannya sendiri dengan bantuan 18. Membuka dan menutup
resleting 19. Memakai
sepatu dengan bantuan |
||
II. Anak mampu
menunjukkan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya |
a. Melakukan
rutinitas kesehatan diri sendiri |
1. Memilih
makanan dan minuman sehat 2. Menggosok
gigi dengan benar sesuai waktuknya dengan bantuan |
|
b. Melakukan
rutinitas kebersihan dirinya |
1. Mandi
tepat waktu dengan bantuan 2. Makan
sendiri tepat waktu 3. Mau
melakukan cuci rambut, membersihkan telinga dan memotong kuku secara teratur
dengan bantuan |
||
F. SENI |
I. Anak
mampu mengekspresikan diri melalui gerakan dan karya seni |
a. Dapat
bergerak sesuai dengan irama musik |
1. Bergerak
mengikuti irama musik 2. Menggerakan
kepala, tangan, kaki mengikuti irama musik 3. Senam irama dengan berbagai variasi 4. Menciptakan gerakan binatang
dan gerakan benda-benda sesuai dengan imajinasi |
b. Dapat
bergerak mengikuti benda-benda di lingkungannya |
1. Meniru
gerakan binatang, dan benda-benda lainnya, seperti: kapal terbang 2. Menciptakan
gerakan binatang, tanaman dan benda-benda sesuai dengan imajinasinya |
||
c. Dapat
bernyanyi beberapa lagu |
1. Bersenandung/menyanyikan
kata-kata pada lirik lagu yang diulang, 2. Menyanyikan
beberapa lagu |
||
d. Dapat
membuat irama secara sederhana |
1. Bertepuk tangan membentuk irama 2. Membuat
bunyi-bunyian dengan berbagai alat |
||
e. Dapat
mengekspresikan suatu karya dengan jari |
1. Menggambar
bebas dengan berbagai media misal: krayon, pensil warna, orang, dll. 2. Melukis dengan jari 3. Melipat kertas secara sederhana 4. Membuat berbagai karya seni sederhana
dari berbagai media misal: biji-bijian, potongan kertas dll 5. Membuat berbagai bentuk dari plastisin
dengan menggunakan cetakan, digulung, dipotong dll |