Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tema diri sendiri, sub tema diri sendiri dan contoh materinya

Tema Diri Sindiri dan Sub tema PAUD

TEMA

Nama Tema : Diri Sendiri atau Diriku

ALOKASI WAKTU

Alokasi Waktu : Tema dan sub tema Diriku / Diri Sendiri untuk PAUD memakan waktu 3 minggu atau dapat diubah sesuai dengan kondisi lembaga.

SUB TEMA DIRI SENDIRI DAN CONTOH MATERI

1. Identitas Diri

a. Nama Diri (nama panggilan)

Contoh Materi :

- Memperkenalkan diri di depan kelas nama dan panggilan anak

- Guru menuliskan nama masing-masing anak di sebuah media atau kertas misal dibuat name tag, dan membiasakan anak melihat tulisan namanya sendiri.

b. Jenis Kelamin (Laki laki / Perempuan)

Contoh Materi :

- Guru menerangkan ciri-ciri antara laki-laki dan perempuan, misal dari pakaian, kebiasan rambut, panggilan (aa, teteh, mbak, mas, ibu, bapa, tante, om), dll.

- Memperkenalkan simbol atau lambang jenis kelamin yang biasa digunakan di tempat umum, misal toilet, mushola, antrian, dll.

Simbol toilet

c. Nama Orang Tua (Ayah / Ibu)

Contoh Materi :

- Anak ditanya didepan kelas nama ayah dan ibunya. Usahakan guru mengetahui nama orang tua anak terlebih dahulu agar bisa memberi tahu anak jika anak tidak tahu nama orangtuanya.

d. Alamat Rumah / Tempat tinggal

Contoh Materi :

- Menarik garis (putus-putus) dari gambar sekolah ke gambar rumah

- Mewarnai gambar rumah

- Melipat kertas origami berbentuk rumah


2. Anggota Tubuh

a. Bagian-bagian dari Kepala

Contoh materi

- Menjelaskan nama-nama bagian kepala (Rambut, telinga, hidung, mata, mulut, muka, alis, dagu, pipi)

- Menjelaskan nama-nama benda yang biasa dipakai di kepala (Topi, Ikat Rambut, Jepit, Kerudung, Peci, Kaca Mata, Anting, Bondu, Dll)

- Menjelaskan cara merawat bagian kepala (Keramas, Membersihkan hidung dan telinga, sikat gigi, Cuci muka, dll) dan menjelaskan akibat jika tidak dirawat.

- Mengukur lingkar kepala anak dan menuliskannya di buku khusus kesehatan anak.

b. Bagian-bagian dari tangan,

Contoh materi :

- Memperkenalkan nama-nama jari (Bisa dengan lagu : Mana jempol mana jempol, disini disini, halo apa kabar, baik-baik saja, sembunyi-sembunyi  ..... selanjutnya nama jari yang lain)

- Menjiplak jari tangan anak di buku gambar (jika anak kesulitan dibantu oleh guru), selanjutnya boleh diwarnai ataupun tidak melihat waktu yang tersedia.

- Menjelaskan nama benda-benda yang biasa dipakai di tangan (Jam tangan, Cincin, gelang, dll).

- Menjelaskan fungsi tangan (misal : menulis, makan, dll).

- Menjelaskan dan membiasakan anak ketika makan dan menulis menggunakan tangan kanan.

- Menjelaskan dan mencontohkan perawatan tangan (misal : potong kuku, dll) dan akibatnya jika bagian tangan tidak dirawat (misal : jika kuku panjang ada kumannya, jika kuku panjang bisa melukai kulit sendiri dan orang lain, dll)

c. Bagian-bagian dari kaki

Contoh materi :

- Menjelaskan nama bagian-bagian dari kaki (Lutut, jari kaki, telapak kaki, dll)

- Menjelaskan nama benda yang bisa digunakan di kaki (Sepatu, Sandal, Kaos Kaki, dll)

- Menjelaskan olah raga yang menggunakan kaki (Sepak bola, lari, dll) serta peraktek menendang bola dan lari.


3. Ciri Ciri Tubuh

a. Tubuh : pendek, tinggi – kurus, gemuk.

Contoh materi :

- Membandingkan gambar anak yang bertubuh gemuk dengan yang tubuh kurus.

- Menjelaskan bahwa tidak boleh mengejek teman yang mempunyai tubuh yang berbeda dengan dirinya.

- Mewarnai gambar lebih besar dan lebih kecil dengan warna yang spesifik

b. Rambut : keriting, lurus, ikal.

Contoh materi :

- Menebalkan garis putus-putus pada gambar rambut yang lurus, keriting(zigzag), dan bergelombang

- Menerangkan cara merawat rambut dengan benar (Menyisir rambut, keramas, mengikat rambut, Mencukur rambut, dll)

c. Kulit : Putih, hitam, sawo matang.

Contoh materi :

- Menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan antara orang yang berkulit putih dengan berkulit hitam (RAS).

- Menjelaskan cara merawat kulit dengan benar (Mandi 2x sehari, Mencuci dengan air yang bersih jika ada bagian kulit yang kotor)

- Menjelaskan kulit akan terluka (terasa sakit) dan mengeluarkan darah jika terkena benda tajam seperti gunting atau pisau. 


4. Kesukaanku

a. Makanan/minuman 

Contoh materi :

- Menanyakan dan menjelaskan nama-nama makanan favorit anak.

- Menjelaskan dan memperaktekan do'a dan etika ketikan makan dan minum.

- Menjelaskan jenis-jenis bahan makanan yang bisa digunakan di rumah. (Nasi dari beras, Kue dari terigu, dll)

- Menarik garis gambar makanan yang bisa dimakan manusia.

- Menjelaskan cara mencuci tangan sebelum dan setelah makan.

- Menjelaskan cara memberihkan dan merapikan peralatan setelah makan atau minum.

- Menjelaskan cara membuang sampah yang benar setelah makan dan minum jika ada sampahnya.

- Menjelaskan jika makan atau minum sebaiknya sampai habis jangan sampai ada sisa dan terbuang sia-sia.

b. Mainan

Contoh materi :

- Menjelaskan dan memperaktekkan merapikan mainan setelah selesai menggunakannya. 

- Menjelaskan jenis-jenis mainan yang aman bagi anak. (Jangan bermain api, jangan bermain benda tajam, jangan bermain dengan mainan yang kotor, dll)

c. Pakaian (warna : merah, biru, pink , gambar dan lain lain)

- Mewarnai pakaian dengan warna favorit anak.

- Menggunting pola baju yang sederhana.

- Mengajarkan cara mengancingkan baju yang benar.

- Menjelaskan cara merawat baju yang benar. (Mencuci pakaian, Menstrika pakaian, melipat atau menggantung pakaian, dll)

- Menjelaskan cara menjaga baju agar tetap bersih ketika makan atau minum.


5. Panca Indera

a. Alat / macam indera (misal : mata, telinga, hidung, kulit, lidah)

Contoh materi :

- Menarik garis pada mata, telinga, hidung dan lidah pada posisi yang benar di gambar wajah manusia.

- Lagu tentang panca indra. 

b. Fungsi alat indera / gunanya panca indera

  • Mata untuk melihat.
  • Telinga untuk mendengar.
  • Hidung untuk bernafas / mencium.
  • Kulit untuk merasakan.
  • Lidah  untuk mengecap.
Contoh materi :
- Anak melihat dari jarak dekat sampai jarak jauh sebuah benda yang sudah dikenalnya.
- Menggunting bagian-bagian indra dan menempelkannya pada posisi yang benar.
- Menjelaskan cara menjaga kesehatan panca indra. (Jangan menonton TV terlalu dekat, dll)

c. Macam macam rasa (pahit, manis, asin, asam)
Contoh materi :
- Menjelaskan jenis-jenis makanan yang mempunyai rasa manis, asin, pedas, dll.(Gula-manis, Garam-asin, dll)
- Mempraktekan macam-macam rasa dengan cara mengecapnya. (misal : Kopi untuk pait, gula untuk manis, garam untuk asin, asam untuk asam, dll)

d. Macam macam perabaan (kasar, halus, tajam, panas, dingin)

- Membuat alat peraga kasar dan halus menggunakan kardus bekas. (Buka bagian tengah kardus yang bergelombang untuk mendapatkan tekstur kasar)

- Praktek membedakan antara suhu panas dan dingin menggunakan air dalam botol. (suhu sesuaikan jangan sampai menggunakan air sangat panas, suhu sedang saja untuk membedakan mana panas dan dingin saja).

- Menjelaskan bahaya pada anak jika ada benda-benda tajam disekitarnya dan diusahakan untuk menghindarinya.

e. Macam macam pembauan (wangi, amis, busuk)

Contoh materi :

- Membedakan bau dengan menggunakan kulit buah-buahan atau pewangi lainnya.

f. Macam macam suara (keras, lembut, nyaring, melengking)

Contoh materi :

- Guru membisikkan sebuah kata kepada anak dan anak mengulangi kata tersebut.

- Menjelaskan jangan sampai berbicara sambil teriak-teriak selain mengganggu yang lain juga dapat merusak pita suara.

g. Macam  macam penglihatan (jelas, buram, jauh, dekat, silau, gelap, terang, samar).

Contoh materi :

- Membuat alat peraga gambar yang buram atau samar dan gambar yang jelas untuk membedakan mana penglihatan yang buram dan penglhatan yang jelas.

- Mempraktekan gelap dan terang dengan cara membuka dan menutup mata anak. (Menutup mata berarti gelap dan tidak terlihat apa-apa dan sebaliknya.

- Menjelaskan fungsi lampu untuk penerangan di rumah dan lingkungan.

- Praktek membuat gambar matahari dengan cara membuat kertas bulat kecil dan mewarnainya dengan krayon lalu ditempelkan pada kertas putih dan di tarik-tarik keluar warna krayonnya menggunakan jempol jari tangan.

==============

Demikian sedikit contoh materi yang bisa diajarkan pada tema Diri Sendiri/Diriku. Jika ada ide contoh materi lainnya bisa berkomentar dibawah mudah-mudahan bisa berguna bagi pembaca blog kurikulumpaud.blogspot.com ini yang lain.

Posting Komentar untuk "Tema diri sendiri, sub tema diri sendiri dan contoh materinya"