Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips menjaga keselamatan Anak saat bermain


Tips menjaga keselamatan Anak saat bermain

Tugas orangtua  menjaga keselamatan anaknya saat bermain di rumah dan juga termasuk di taman bermain anak. Berikut beberapa tip yang harus orangtua lakukan dalam menjaga keselamatan anak ketika bermain, yaitu:

Perhatikan pakaian anak
Hindari pakaian yang menggunakan tali dan melepas aksesoris seperti kalung ketika sedang bermain. Alasannya adalah tali atau kalung dapat terjebak pada peralatan bermain sehingga secara tidak sengaja mencekik anak.

Gunakan sunblock
Jika anak bermain di luar ruangan dan terpapar secara langsung oleh sinar matahari, alangkah baiknya menggunakan sunbock untuk melindungi kulit anak dari terbakar sinar matahari.

Awasi dari jarak dekat
Tetaplah dekat dengan anak selama ia bermain. Orangtua harus selalu mengawasi anaknya ketika bermain, terutama jika usianya masih di bawah 5 tahun.

Pilihkan alat permainan yang tepat
Bantu anak memilih alat permainan yang sesuai dengan usianya. Seringkali anak hanya memainkan apa yang diinginkannya, padahal untuk anak seusianya mainan tersebut bisa saja tidak aman. Oleh sebab itu, Anda harus membantunya menemukan wahana permainan yang tepat.

Pastikan alat permainan aman
Pilih alat permainan yang segala komponennya terpasang dengan baik dan memenuhi standar keselamatan. Penting untuk memilih mainan yang kondisinya baik, memiliki pegangan kuat, pembatas yang kokoh, memiliki sabuk pengaman ataupun perangkat keamanan lainnya.

Perhatikan permukaan di bawah alat permainan
Pastikan bahwa permukaan tempat anak bermain tidak keras dan kasar sehingga jika anak terjatuh, maka ia akan mendarat di atasnya dengan aman.

Ajarkan anak menggunakan alat permainan dengan benar
Ketidaktahuan atau kesalahan dalam menggunakan alat permainan dapat membuat anak cedera sehingga penting bagi orangtua untuk memberitahu si Kecil tentang cara penggunaan mainan dengan benar.

Pastikan area sekitar anak bermain aman
Orangtua harus memerhatikan area sekitar anak bermain karena adanya benda yang berserakan, seperti halnya batu atau tas dapat membuat anak tersandung.
Berikan pengertian untuk bersabar
Beri pengertian pada anak untuk bersabar ketika mengantre alat permainan. Jangan sampai berebut atau bahkan berkelahi dengan anak lain karena bisa membuat keduanya terluka.

Larang anak melakukan gerakan berbahaya
Larang anak untuk menggelindingkan tubuh ketika bermain di ayunan, seluncuran, atau jungkat-jungkit. Jika dilakukan, hal ini dapat membuat anak terluka dan membahayakan keselamatannya.

Awasi anak dari alat permainan yang basah
Permukaan licin pada alat permainan yang basah bisa menyebabkan anak terjatuh dan mengalami cedera sehingga orangtua harus menghindarkannya dari anak.

Melakukan berbagai hal tersebut dapat membantu anak untuk menghindari cedera di taman bermain anak. 

Akan tetapi, jika anak mengalami cedera ketika bermain di taman bermain, segera cari pertolongan dan hubungi dokter. Penanganan cedera harus dilakukan dengan cepat agar tidak semakin memburuk.