Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perkembangan Bahasa Pada Anak PAUD


Perkembangan bahasa anak
Pengembangan bahasa pada anak PAUD diarahkan agar anak mampu menggunakan dan mengekpresikan pemikirannya dengan menggunakan kata-kata.

Dengan kata lain pengembangan bahasa lebih diarahkan agar anak dapat:







  • Mengolah kata secara komprehensif.

  • Mengekspresikan kata-kata tersebut dalam bahasa tubuh (ucapan dan perbuatan) yang dapat dipahami oleh orang lain.

  • Mengerti setiap kata, mengartikan dan menyampaikannya secara utuh kepada orang lain.

  • Berargumentasi, meyakinkan orang melalui kata-kata yang diucapkannya.

Pengembangan Berbahasa pada anak PAUD menekankan pada:


Mendengar dan Berbicara
Secara umum melalui kegiatan mendengar dan berbicara diharapkan anak dapat:
  • Mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan merespon dengan tepat.
  • Berbicara dengan penuh percaya diri.
  • Menggunakan bahasa untuk mendapaPAUDan informasi dan untuk komunikasi yang efektif dan interaksi sosial dengan yang lain.
  • Menikmati buku, cerita dan irama.
  • Mengembangkan kesadaran bunyi.

Awal Membaca
Secara umum melalui kegiatan awal membaca diharapkan anak dapat:
  • Membentuk perilaku membaca.
  • Mengembangkan beberapa kemampuan sederhana dan keterampilan pemahaman.
  • Mengembangkan kesadaran huruf.


Perilaku yang dapat Dilakukan oleh Anak

Mendengar dan Berbicara

  1. Melakukan kontak mata ketika mendengar atau mulai berbicara.
  2. Memberi perhatian ketika mendengarkan sebuah cerita.
  3. Merespon sumber bunyi atau suara.
  4. Menggunakan kata-kata yang sopan ketika berbicara dengan orang.
  5. Menyampaikan pesan sederhana dengan akurat.
  6. Membuat permintaan sederhana.
  7. Merespon ketika diajak berbicara atau ditanya.
  8. Memulai pembicaraan dengan teman sebaya dan orang dewasa.
  9. Berkomunikasi secara efektif dalam situasi tertentu.
  10. Menggunakan bahasa untuk menjelaskan tujuan sederhana.
  11. Berbicara tentang pengalaman pribadi, perasaan dan ide.
  12. Berpartisipasi dalam cerita, lagu dan irama.
  13. Berpartisipasi dalam dramatisasi dari cerita yang terkenal.
  14. Menceritakan kembali cerita dan peristiwa tertentu secara sederhana.
  15. Membuat cerita sendiri dan memerankannya.
  16. Menggabungkan suara dengan pola irama tertentu.
  17. Membedakan antara bunyi suara dan irama dalam kata-kata


Awal Membaca

  1. Mengekspresikan pendapat terhadap apa yang sudah dibaca.
  2. Mendemonstrasikan cara yang benar dalam menggunakan sebuah buku.
  3. Memahami bagian dasar yang digunakan dalam buku (misalnya: sampul, judul, paparan dan halaman).
  4. Menikmati membaca dengan orang dewasa dan mau membaca.
  5. Mengenal tulisan sebaik mengenal gambar, membawa pesan.
  6. Menyadari nama mereka sendiri.
  7. Mengetahui kalau tulisan dibaca dari kiri ke kanan atau atas ke bawah.
  8. Memahami bahwa kata yang diucapkan dapat direpresentasikan dalam tulisan.
  9. Menyadari bahwa cerita mempunyai bagian awal, tengah dan akhir.
  10. Mengantisipasi kejadian-kejadian dalam cerita dan membuat prediksi.
  11. Menggunakan suara inisial untuk kode kata-kata.
  12. Menggunakan gambar untuk kode kata-kata.
  13. Menggunakan tulisan untuk mengenal tulisan yang lebih kompleks.


Fungsi Bahasa sebagai Alat Komunikasi

Keterampilan Berbahasa
Dapat ditunjukkan oleh anak dalam perilaku: menyapa, memperkenalkan diri, bertanya, mendeskripsikan, melaporkan kejadian, menyatakan suka/ tidak, meminta ijin, bantuan, mengemukakan alasan, memerintah atau menolak sesuatu.

Keterampilan Mendengar
Dapat ditunjukkan oleh anak dalam perilaku: mendengarkan perintah, mendengarkan pertanyaan, mendengarkan orang yang sedang bercerita dan mendengarkan orang yang memberi petunjuk.

Keterampilan Berbicara
Dapat ditunjukkan oleh anak dalam perilaku: mengembangkan keterampilan bertanya, menyiapkan kegiatan yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meng-gunakan berbagai kegiatan yang bervariasi.

Keterampilan Membaca
Membaca adalah kegiatan yang melibaPAUDan unsur auditif (pendengaran) dan visual (pengamatan).


Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak

Berdasarkan dimensi perkembangan bahasa anak usia 4-6 Tahun memiliki karakteristik perkembangan, antara lain:

  1. Dapat berbicara dengan menggunakan kalimat sederhana yang terdiri dari 4-5 kata.
  2. Mampu melaksanakan tiga perintah lisan secara berurutan dengan benar.
  3. Senang mendengarkan dan menceritakan kembali cerita sederhana dengan urut dan mudah dipahami
  4. Menyebut nama, jenis kelamin dan umurnya, menyebut nama panggilan orang lain (teman, kakak, adik atau saudara yang telah dikenalnya).
  5. Mengerti bentuk pertanyaan dengan menggunakan apa, mengapa dan bagaimana.
  6. Dapat mengajukan pertanyaan dengan menggunakan kata apa, siapa dan mengapa.
  7. Dapat menggunakan kata depan seperti di dalam, di luar, di atas, di bawah, di samping.
  8. Dapat mengulang lagu anak-anak dan menyanyikan lagu sederhana.
  9. Dapat menjawab telepon dan menyampaikan pesan sederhana.
  10. Dapat berperan serta dalam suatu percakapan dan tidak mendominasi untuk selalu ingin didengar.

1 komentar untuk "Perkembangan Bahasa Pada Anak PAUD"

  1. subhanallah banget. ternyata anak-anak paud ada tahapan2 perkembangan belajarnya ya....kebetulan anakku juga mau paud nih

    BalasHapus