Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat mewarnai bagi anak

Manfaat mewarnai bagi anak

Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang sangat disukai anak-anak. Mereka tidak hanya akan mendapatkan hiburan dengan melakukan mewarnai ini. Anak-anak pun bisa mendapatkan aneka manfaat, salah satunya adalah melatih motorik halus anak.

Ketrampilan motorik halus anak adalah salah satu latihan ketrampilan menulis bagi anak-anak usia dini. Dengan melakukan kegiatan mewarnai jemari anak semakin terampil.

Anak-anak juga belajar tentang kerapian dan ketelitian. Untuk menghasilkan karya berwarna yang indah, anak-anak harus mewarnai dengan hati-hati dan tidak boleh keluar dari garis batas gambar grafis.

Selain itu kegiatan mewarnai dipercaya mampu melatih konsentrasi anak. Dengan aktivitas ini anak akan berusaha untuk menghasilkan suatu karya yang rapi.

Agar menghasilkan karya yang indah mereka harus fokus dan konsentrasi saat mewarnai. Itulah mengapa ketrampilan anak dalam mewarnai akan berbanding lurus dengan konsentrasi anak dan ketrampilan motorik halus anak.

Orang tua atau guru perlu memberikan contoh bagi anak dengan ikut melakukan aktivitas ini saat berada di rumah atau sekolah. Tapi perlu diingat jangan ada unsur pemaksaan jika anak sudah mulai bosan dengan aktivitas ini. Lakukan aktivitas ini dengan senang hati.

Manfaat lain dari mewarnai bagi guru


  • Guru bisa mengidentifikasi karakter murid, gaya hidupnya teratur atau acak-acakan, mentalnya penakut atau pemberani, tuntas atau tidak dalam menyelesaikan tugas, dan lain-lain.
  • Guru bisa mendidik karakter murid yang sudah teridentifikasi dari hasil mewarnainya tersebut. 

Pendidikan karakter merupakan hal utama di PAUD, dengan demikian semestinya seluruh kegiatan dipandang dan direncanakan pada upaya pendidika karakter.

Dari hasinya jika anak yang mentalnya penakut atau kurang percaya diri, bisa dimotivasi: tidak usah ragu memilih warna, tidak usah ditutupi pakai tangan saat mewarnai, buatlah garis yang panjang-panjang biar cepat selesai, tidak usah takut akan menabrak garis. Begitu juga terhadap murid yang suka gonta ganti obyek mewarnai, padahal obyek sebelumya belum tuntas.

Alat dan Bahan untuk mewarnai

Alat mewarnai memiliki begitu banyak jenis dengan kegunaan yang beragam dan setiap jenisnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Crayon
Crayon terbuat dari campuran minyak, lilin, dan kapur. Dengan perpaduan seperti ini membuat crayon sifatnya keras dan bentuknya tebal. Sehingga untuk  mewarnai warnanya sangat mencolok, dan ada rasa seperti Anda memegang lilin pada umumnya.

Kelebihan dari crayon adalah warnanya cerah,  mudah digunakan, dan bisa mewarnai area yang lebih luas. Namun kekurangannya adalah sulit sekali digunakan untuk mewarnai gambar yang kecil dan kadang membuat warnanya keluar jalur.

Pensil Warna
Alat mewarnai ini paling standar dan kebanyakan digunakan oleh anak-anak untuk mewarnai di sekolah. Terbuat dari campuran berbagai bahan seperti wax, carboxymethyl cellulose, kaolin, dan lain sebagainya.

Kelebihan pensil warna adalah ujungnya kecil sehingga mudah digunakan, apalagi pada gambar yang detail dan kecil. Sedangkan untuk mewarnai area yang besar butuh kesabaran.

Cat Air
Terbuat dari serbuk warna berpigmen halus yang dicampurkan dengan madu atau gum arabic agar kental.

Kelebihan dari cat air adalah warnanya cerah dan mudah digunakan pada gambar sederhana. Kekurangannya adalah Anda butuh keahlian apabila menggunakan cat air untuk melukis di atas kanvas.

Spidol
Ujung dari spidol teksturnya lunak karena terbuat dari bahan mirip busa. Kegunaan ujungnya tersebut adalah untuk menyimpan tinta yang dapat menguap apabila terkena udara.

Kelebihan alat mewarnai ini adalah warnanya cerah, sedangkan kekurangannya lumayan boros apalagi untuk mewarnai gambar yang besar, dan warnanya sering terlalu keluar (blobor).

Oil Pastel
Secara sekilas oil pastel mirip dengan crayon. Bahan pembuatannya pun dari lilin tapi ditambah dengan minyak. Kebanyakan oil pastel berbahan keras sehingga lebih cocok digunakan oleh remaja atau dewasa dibandingkan anak-anak.

Salah satu bahayanya adalah jika oil pastel menempel pada tangan maka jika terkena mulut anak-anak bisa menyebabkan beberapa masalah. Oleh karena itu jika menggambar menggunakan oil pastel lebih baik gunakan sarung tangan dulu.

Posting Komentar untuk "Manfaat mewarnai bagi anak"