Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengembangan bakat anak


Pengembangan bakat anak itu seperti menumbuhkan benih tanaman, butuh empat elemen alam (seperti film avatar ya? :D). Apa saja elemen itu? 

Elemen pertama adalah air, adanya air merupakan kebutuhan vital bagi benih tanaman, dengan kadar yang berbeda-beda.

Elemen kedua adalah tanah, adanya tanah atau media tanam lain memungkinkan benih untuk mendapatkan berbagai zat yang dibutuhkannya.

Elemen ketiga adalah sinar matahari, sinar matahari merupakan sumber energi bagi tanaman untuk tumbuh berkembang.

Elemen keempat adalah angin, angin selain memberi oksigen pada tanaman, juga membantu tanaman untuk menyebarluaskan benih agar tanaman bisa berkembang biak.


Air merupakan simbol dari stimulasi agar anak menyadari dan mengekspresikan bakatnya. Dengan stimulasi yang tepat, ibaratnya benih tanaman yang akan memunculkan tunas kecilnya, begitu pula dengan bakat anak.

Tanah merupakan simbol kesempatan yang seluas dan sedalam mungkin buat anak untuk mengalami pengalaman terkait dengan bakatnya. Seperti pada benih tanaman, tanah memungkinkan akar-akarnya untuk masuk dan mencari unsur hara yang dibutuhkannya.

Sinar matahari merupakan simbol apresiasi yang tulus & seimbang untuk menguatkan perilaku bakat anak. Tanaman tumbuh berkembang mengarah pada arah cahaya datang. Begitu juga fungsi apresiasi pada anak yang akan mengarahkan pengembangan bakat anak.

Angin merupakan simbol dari penyebaran karya bakat anak agar dikenal oleh orang banyak. Angin menerbangkan benih tanaman dari induk tanaman ke tempat-tempat lain yang berbeda sehingga tanaman itu bisa menyebar luas ke berbagai penjuru.

Posting Komentar untuk "Pengembangan bakat anak"