Prinsip-Prinsip Penilaian | Pedoman Penilaian PAUD
Perinsip-Perinsip Penilaian ini adalah
sambungan artikel dari Cara Penilaian di PAUD sebagai bagian dari Pedoman
Penilaian PAUD.
Adapun Prinsip-Prinsip Penialaian adalah sebagai berikut :
1. Sistematis
Penilaian harus dilakukan secara sistematis,
artinya kegiatan penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram, sesuai
dengan rencana yang telah di susun, kebutuhan nyata yang ada dilapangan, dan
atau karakteristik penggunaan instrumen yang akan digunakan.
2. Menyeluruh
Penilaian mencakup semua aspek perkembangan
anak yang meliputi : nilai-nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa dan
sosial emosional. Disamping aspek yang dinilai, sesuai tingkat dan
kedalamannya, kegiatan penilaian juga dapat menggali data dari berbagai sumber
yang relevan dengan aspek yang dinilai.
3. Berkesinambungan
Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap
dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan
peserta didik.
4. Objektif
Proses dan hasil-hasil penilaian dilakukan
sesuai dengan kondisi anak yang sebenarnya dan semata-mata untuk kepentingan
pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena hal-hal lain yang tidak
berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak tidak menjadi bagian dari
pertimbangan dalam penilaian.
5. Mendidik
Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan
dasar untuk memotivasi, mengembangkan dan membina anak agar tumbuh dan
berkembang secara optimal.
6. Kebermaknaan
Hasil penilaian harus mempunyai arti dan
bermanfaat bagi peserta didik, orang tua, guru dan pihak lain yang relevan.
Posting Komentar untuk "Prinsip-Prinsip Penilaian | Pedoman Penilaian PAUD"
Terimakasih sudah berkomentar dengan bijak tanpa ada unsur sara dan tidak melanggar norma-norma sosial agama.