Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Indikator PAUD Kelompok Usia 4 – 5 Tahun


Indikator PAUD usia 4 - 5 tahun

Dibawah ini adalah contoh Indikator PAUD Kelompok Usia 4 – 5 Tahun

Komponen-komponenya :
  • Aspek Perkembangan
  • Standar Perkembangan
  • Perkembangan Dasar
  • Indikator
Susunannya adalah seperti berikut :
Aspek Perkembangan = Moral
Standar Perkembangan = Anak mampu ...
Perkembangan dasar = a. Dapat mengucap ...
Indikator = 1. Mengenal Tuhan ...

MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

Anak mampu mengucapkan bacaan doa/lagu-lagu keagamaan, menirukan gerakan   beribadah, mengikuti aturan serta mampu belajar berperilaku baik dan sopan bila diingatkan.

a. Dapat mengucapkan bacaan doa

  1. Mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya
  2. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
  3. Memimpin doa

b. Dapat menyanyikan lagu-lagu keagamaan

  1. Menyanyikan lagu-lagu keagamaan yang sederhana

c. Dapat mengenal bermacam-macam agama

  1. Menyebutkan tempat-tempat ibadah

d. Dapat melaksanakan gerakan ibadah secara sederhana

  1. Melaksanakan gerakan ibadah secara sederhana namun masih perlu bimbingan

e. Dapat menyebutkan hari-hari besar agama

  1. Menyebutkan hari-hari besar agama

f. Dapat mengenal dan menyayangi ciptaan Tuhan

  1. Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan, misal: Manusia, bumi, langit, tanaman, dan hewan.
  2. Menyiram tanaman, memberi makan binatang
  3. Mau menolong teman
  4. Menghargai teman
  5. Mau membagi miliknya, misal: makanan, mainan, dll.
  6. Meminjamkan miliknya dengan senang hati

g. Memiliki rasa sopan santun dan saling menghormati sesama

  1. Bersikap ramah
  2. Mengucapkan salam
  3. Meminta tolong dengan baik
  4. Berterima kasih jika memperoleh sesuatu.
  5. Meminta maaf jika melakukan kesalahan
  6. Berbahasa sopan dalam berbicara
  7. Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
  8. Mau mengalah
  9. Mendengarkan orang tua/teman berbicara
  10. Tidak mengganggu teman

SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN

Anak mampu beriteraksi, mulai dapat mengendalikan emosinya, mulai menunjukkan rasa percaya diri, serta mulai dapat menjaga diri sendiri

a. Dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa

  1. Mulai mengajak teman untuk bermain
  2. Meminta izin bila menggunakan benda milik orang lain
  3. Mau bekerjasama dengan teman dalam kelompok ketika melakukan kegiatan
  4. Berani bertanya dan menjawab pertanyaan
  5. Berbicara dengan teman sebaya tentang rencana dalam bermain (Misal: Membuat aturan bermain)
  6. Membuat keputusan ketika bermain dengan teman sebaya (Misal: Memutuskan siapa yang memulai bermain)
  7. Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya
  8. Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa
  9. Mengadukan masalah kepada orang dewasa ketika mengalami ketidaknyamanan dengan teman
  10. Mau menyapa teman dan orang dewasa

b. Dapat menjaga keamanan diri sendiri

  1. Menghindari benda – benda berbahaya

c. Menunjukkan rasa percaya diri

  1. Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya

d. Dapat menunjukkan kemandirian

  1. Memasang kancing atau resleting sendiri
  2. Memasang dan membuka tali sepatu sendiri
  3. Mampu makan sendiri
  4. Berani pergi dan pulang sekolah sendiri (Bagi yang dekat dengan sekolah)
  5. Mampu memilih benda untuk bermain
  6. Mampu mandi, BAK dan BAB (toilet training) masih dengan bantuan
  7. Mampu mengerjakan tugas sendiri
  8. Bermain sesuai dengan jenis permainan yang dipilihnya
  9. Mengurus dirinya sendiri dengan bantuan, misalnya: berpakaian

e. Mulai dapat menunjukkan emosi yang wajar

  1. Mau berpisah dengan ibu tanpa menangis
  2. Dapat dibujuk agar tidak cengeng lagi dan berhenti menangis pada waktunya

f. Mulai menunjukkan sikap kedisiplinan

  1. Melaksanakan tata tertib yang ada
  2. Mengikuti aturan permainan
  3. Mengembalikan alat permainan pada tempatnya
  4. Membuang sampah pada tempatnya
  5. Sabar menunggu giliran
  6. Berhenti bermain pada waktunya

g. Mulai dapat bertanggung jawab

  1. Melaksanakan tugas yang diberikan
  2. Menyelesaikan tugas yang   diberikan
  3. Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
  4. Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati

BAHASA

Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata-kata dan mengenal simbol

a. Dapat mendengarkan, membedakan, dan mengucapkan bunyi/suara tertentu

  1. Menyebutkan berbagai bunyi/ suara tertentu
  2. Menirukan kembali 3 - 4 urutan kata
  3. Menyebutkan kata-kata dengan suku kata awal yang sama, misal kaki-kali atau suku kata akhir yang sama, misal nama-sama, dll.
  4. Melakukan 2-3 perintah secara sederhana
  5. Mendengarkan cerita dan menceritakan kembali isi cerita secara sederhana

b. Dapat berkomunikasi/berbicara secara lisan

  1. Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah secara sederhana
  2. Menyenceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana
  3. Menjawab pertanyaan tentang keterangan/informasi secara sederhana

c. Dapat memperkaya kosa kata yang diperlukan untuk berkomunikasi sehari-hari

  1. Menyebutkan bermacam-macam kata benda yang ada dilingkungan sekitar
  2. Menyebutkan waktu (pagi, siang, malam)

d. Dapat menceritakan gambar (pra membaca)

  1. Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri
  2. Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri sederhana (3-4 gambar)
  3. Menghubungkan gambar/benda dengan kata

e. Dapat mengenal hubungan antara bahasa lisan dan tulisan (pramembaca)

  1. Membaca gambar yang memiliki kata/kalimat sederhana
  2. Menceritakan isi buku walaupun tidak sama antara tulisan dan yang diungkapkan

f. Dapat mengenal bentuk-bentuk simbol sederhana (pramenulis)

  1. Menghubungkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya

KOGNITIF

Anak mampu mengenal dan memahami  berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

a. Dapat mengenal klasifikasi sederhana

  1. Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya: Menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll
  2. Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu

b. Dapat mengenal konsep-konsep Sains sederhana

  1. Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air(terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara

c. Dapat mengenal bilangan

  1. Membilang/menyebut urutan bilangan minimal dari 1  sampai 10
  2. Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5
  3. Menunjukkan urutan benda untuk bilangan 1 sampai 5
  4. Mengenal konsep banyak - sedikit, lebih – kurang, sama – tidak sama
  5. Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda- benda sampai 5 ( anak tidak disuruh menulis)
  6. Menunjuk 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit
  7. Menyebutkan hasil penambahan (menggabungkan 2 kumpulan benda)
  8. Menyebutkan hasil pengurangan (memisahkan kumpulan benda) dengan benda sampai 5

d. Dapat mengenal bentuk geometri

  1. Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat)
  2. Menyebutkan kembali benda-benda yang menunjukkan bentuk-bentuk geometri

e. Dapat memecahkan masalah sederhana

  1. Mengerjakan maze (mencari jejak) yang sederhana
  2. Menyusun kepingan puzzel menjadi bentuk utuh (4 – 6 keping)
  3. Mencari lokasi tempat asal suara
  4. Memasang benda sesuai dengan pasangannya
  5. Menyebutkan sedikitnya 12 benda berikut fungsinya
  6. Menceritakan informasi tentang sesuatu yang diperoleh dari buku
  7. Menceritakan kembali suatu informasi berdasarkan ingatannya
  8. Membedakan konsep kasar – halus melalui panca indera

f. Dapat mengenal konsep ruang dan posisi

  1. Menyebutkan konsep depan – belakang – tengah, atas – bawah, luar – dalam, pertama – terakhir – diantara, keluar – masuk, naik – turun, maju – mundur

g.Dapat mengenal ukuran

  1. Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat melalui mengukur dengan satuan tak baku (langkah, jengkal, benang atau tali)
  2. Membedakan konsep berat – ringan, gemuk-kurus melalui menimbang benda dengan timbangan buatan dan panca indera
  3. Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll
  4. Membedakan konsep tebal – tipis
  5. Membedakan konsep tinggi – rendah
  6. Membedakan konsep besar – kecil
  7. Membedakan konsep cepat – lambat

h. Dapat mengenal konsep waktu

  1. Membedakan waktu (pagi, siang, malam)
  2. Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu, bulan dan tahun

i. Dapat mengenal berbagai pola

  1. Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misalnya merah, putih, merah, putih, merah,….
  2. Meronce dengan merjan

j. Dapat konsep pengetahuan sosial sederhana

  1. Menceritakan letak  lokasi dari rumah  ke sekolah
  2. Mengenal berbagai macam profesi (Contoh: Dokter, polisi, dll.)
  3. Mengenal berbagai macam alat angkutan sederhana (Contoh: Mobil; motor, dll.)


FISIK/MOTORIK

Anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi,untuk  kelenturan, kelincahan, dan keseimbangan

a. Dapat melakukan gerakan di tempat (gerak dasar non lokomotor)

  1. Memutar dan mengayunkan lengan
  2. Meliukkan tubuh
  3. Membungkukkan badan
  4. Senam fatansi bentuk meniru (misal: menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman, yang terkena angin sepoi-sepoi, angin kencang dan kencang sekali dengan lincah

b. Dapat melakukan gerak berpindah tempat sederhana (gerak dasar lokomotor)

  1. Berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara, misalnya; berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan jinjit (angkat tumit), berjalan mundur
  2. Melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki
  3. Meloncat dari ketinggian 20-30 cm
  4. Memanjat, bergelantung, dan berayun
  5. Berdiri dengan tumit
  6. Berlari kemudian melompat dengan seimbang tanpa jatuh
  7. Berlari dengan berbagai variasi (menyamping, ke depan dan ke belakang)
  8. Merayap dengan berbagai variasi
  9. Merangkak dengan berbagai variasi
  10. Menaiki benda beroda (Contoh: menaiki sepeda roda dua dengan bantuan roda kecil dua)

c. Dapat melakukan gerakan jari tangan untuk kelenturan otot (Motorik halus)

  1. Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/tanah liat
  2. Meremas kertas/koran meremas parutan kelapa dll.
  3. Menjiplak dan meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung, dan lingkaran
  4. Meniru melipat kertas sedehana (1-4 lipatan)
  5. Merekat/menempel
  6. Menyusun berbagai bentuk dengan balok
  7. Memegang pensil (belum sempurna)
  8. Meronce dengan manik-manik

d. Dapat melakukan koordinasi mata-tangan

  1. Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan. Misal makan, mandi, menyisir rambut, mencuci, menggosok/membersihkan sepatu, mengikat tali sepatu, mengkancingkan baju, membuka risleting jaket, dll.
  2. Menggunting sesuai bentuk melingkar, zigzag, dll.
  3. Menjahit jelujur 10 lobang dengan tali sepatu
  4. Melambungkan dan menangkap objek (bola besar)
  5. Memantulkan bola besar pada posisi diam di tempat
  6. Memantulkan objek (bola besar) sambil berjalan/bergerak
Anak mampu melakukan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya dengan bantuan
a. Dapat menunjukkan ciri-ciri  sehat fisik
  1. Melakukan berbagai gerakan koordinasi mata-tangan
  2. Mendemonstrasikan kemampuan motorik kasar seperti melompat dan berlari.
  3. Memiliki kemampuan mendengar
  4. Membantu dirinya sendiri (makan, menyisir rambut, memasang tali sepatu dengan sedikit bantuan).
  5. Mau melakukan (mencuci   rambu, membersihkan telinga, dan memotong kuku secara teratur dengan bantuan
  6. Melakukan BAB sendiri secara benar


SENI

Anak mampu mengekpresikan diri dengan menggunakan berbagai media/bahan dalam berkarya seni melalui kegiatan eksplorasi

a. Dapat menggambar sederhana

  1. Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, krayon, arang dll)
  2. Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat
  3. Menggambar orang dengan lengkap dan sederhana.
  4. Mencap dengan berbagai media (pelepah pisang, batang pepaya, karet busa, dll.)
  5. Mencetak berbagai media (pasir, adonan tepung dll.

b. Dapat mewarnai sederhana

  1. Mewarnai bentuk gambar sederhana
  2. Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar

c. Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media

  1. Menyusun  bentuk-bentuk bangunan sederhana dari balok
  2. Menyusun bentuk dari kepingan geometri yang sederhana
  3. Merangkai bentuk dengan lidi
  4. Membatik dan jumputan sederhana
  5. Mencocok dengan pola buatan guru
  6. Bermain warna dengan berbagai media. Misalnya : krayon, cat air, dll.
  7. Melukis dengan jari (finger painting)
  8. Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat
  9. Membuat alat perkusi sederhana (misalnya membuat
  10. Krincingan dari tutup botol)
  11. Bertepuk tangan dengan 2 pola untuk membuat irama

d. Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana

  1. Menggerakkan kepala, tangan atau kaki mengikuti irama musik/ritmik
  2. Mengekspresikan diri secara bebas sesuai  irama musik

e. Dapat menyanyi dan memainkan alat musik sederhana

  1. Menyanyikan lagu secara lengkap
  2. Menyanyikan beberapa lagu  anak-anak
  3. Mencipta, mengarang syair lagu
  4. Bermain dengan berbagai alat musik perkusi sederhana
  5. Mengucapkan syair dari berbagai lagu