Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Indikator PAUD kelompok umur 4 - 5 tahun

Indikator PAUD kelompok usia 4 - 5 tahun

Indikator PAUD kelompok umur 4 - 5 tahun atau TK A

A Pembentukan prilaku melalui pembiasaan (Moral dan nilai-nilai Agama, Sosial, Emosional dan Kemandirian)

I 1. Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan dengan lebih tertib.
2. Menyanyi lagu-lagu keagamaan.
3. Bersyair yang bernafaskan agama.
4. Menyebutkan agama-agama yang dikenal.
5. Terlibat dalam upacara keagamaan.
II 1. Melaksanakan kegiatan ibadah sesuai aturan menurut keyakinannya
III 1. Membedakan ciptaan-ciptaan Tuhan.
2. Berbuat baik terhadap semua makhluk Tuhan, Misal : tidak mengganggu orang yang sedang melakuka kegiatan, tidak menyakiti binatang, menyiram tanaman.
3. Mempunyai sahabat.
IV 1. Selalu memberi dan membalas salam.
2. Berbicara dengan suara yang ramah dan teratur (tidak berteriak).
3. Selalu mengucapkan terima kasih jika memperoleh sesuatu.
V 1. Menyebutkan mana yang salah dan benar pada suatu persoalan.
2. Menunjukan perbuatan-perbuatan yang benar dan yang salah.
VI 1. Kesekolah tepat waktu.
2. Mentaati peraturan yang ada di sekolah.
VII 1. Menghormati orang tua dan orang yang lebih tua.
2. Mendengarkan dan memperhatikan teman berbicara.
VIII 1. Berbahasa sopan dan bermuka manis.
2. Menyapa teman dan orang lain.
IX 1. Senang bermain dengan teman (tidak bermain sendiri).
2. Dapat melaksanakan tugas kelompok.
3. Dapat memuji teman / orang lain.
X 1. Berani bertanya secara sederhana.
2. Mau mengemukakan pendapat secara sederhana.
3. Mau mengambil keputusan secara sederhana.
XI 1. Senang menolong.
2. Mau memohon dan memberi maaf.
3. Mengajak teman untuk bermain / belajar.
XII 1. Membersihkan diri sendiri tanpa bantuan misal : menggosok gigi, mandi, buang air.
2. Memelihara milik sendiri.
XIII 1. Memelihara lingkungan, missal : tidak mencoret-coret tembok, membuang sampah pada tempatnya, dll.
2. Menghemat pemakaian air dan listrik.
XIV 1. Melaksanakan kegiatan sendiri sampai selesai.
2. Membersihkan peralatan makan setelah digunakan.
B Kemampuan dasar
(Kemampuan Bahasa)
I 1. Membedakan dan menirukan kembali bunyi suara tertentu.
2. Menirukan kembali 4-5 urutan kata.
3. Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal sama (misal: Ka ki–Ka li) atau suku kata akhir yang sama (misal : na ma - sama) dll.
II 1. Melakukan 3-5 perintah secara berurutan dengan benar.
2. Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara urut.
III 1. Menyebutkan nama diri, nama orang tua, jenis kelamin, alamat rumah dengan lengkap.
IV 1. Bercerita menggunakan kata Aku, Saya, Kamu, Dia, Mereka.
2. Menunjuk dan menyebutkan gerakan-gerakan misalnya : duduk, jongkok, berlari, makan, dll.
3. Menunjuk dan memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi/katerangan, misalnya : di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di belakang, di kiri, di kanan, dsb.
4. Membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/tulisan yang sudah berbentuk huruf/kata.
5. Mengelompokan kata-kata yang sejenis.
6. Bercerita tentang gambar yang disediakan atau yang dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas.
7. Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4 – 6 gambar).
V 1. Membaca buku cerita bergambar yang memiliki kalimat sederhana dan menceritakan isi buku dengan menunjuk beberapa kata yang dikenalnya.
2. Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya.

C. Kognitif

I 1. Mengelompokkan benda dengan berbagai cara menurut cirri-ciri tertentu. Misalnya : menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.
2. Menunjuk dan mencari sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman, yang mempunyai warna, bentuk, ukuran, atau menurut cirri-ciri tertentu.
3. Mengenal perbedaan kasar-halus, berat-ringan, panjang-pendek, jauh-dekat, banyak dan sedikit, sama-tidak sama, tebal-tipis.
4. Membedakan macam-macam suara.
5. Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya, jenisnya, persamaannya, dll.
6. Menyebutkan dan menceritakan perbedaan dua buah benda.
7. Menunjukkan kejanggalan suatu gambar.
8. Menyusun benda dari besar ke kecil atau sebaliknya.
II 1. Mencoba dan menceritakan tentang apa yang terjadi jika : warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman, balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung, melayang, tenggelam), benda-benda dijatuhkan (gravitasi), benda-benda didekatkan dengan magnit, mengamati benda dengan kaca pembesar, macam-macam rasa, macam-macam bau, mendengar macam-macam bunyi.
2. Mengungkapkan sebab-akibat, misalnya : mengapa sakit gigi ? mengapa kita lapar ? dll.
3. Mengungkapkan asal mula / terjadinya sesuatu.
III 1. Membilang / mengurut urutan bilangan 1 sampai 20.
2. Membilang ( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda ) sampai 10.
3. Membuat urutan bilangan 1-10 dengan benda-benda.
4. Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 10 (anak tidak disuruh menulis).
5. Membedakan dan membuat 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya, yang tidak sama lebih banyak dan lebih sedikit.
IV 1. Membuat bentuk-bentuk geometri
2. Mengelompokan benda-benda tiga dimensi (benda-benda sebenarnya) yang berbentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat).
3. Memasangkan bentuk geometri dengan benda tiga dimensi yang bentuknya sama (lingkaran-bola, segiempat-balok).
4. Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (lebih dari 8 kepingan).
5. Mengerjakan “maze” (mencari jejak) yang lebih kompleks (3-4 jalan).
V 1. Mengukur panjang dengan langkah, jengkal, lidi, ranting, penggaris, meteran, dll.
2. Membedakan berat benda dengan timbangan (buatan atau sebenarnya).
3. Mengisi dan menyebutkan isi wadah ( 1 gelas, 1 botol, dll ) dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll.
VI 1. Menyatakan waktu yang dikaitkan dengan jam.
2. Mengetahui jumlah hari dalam satu minggu, satu bulan, dan mengetahui jumlah bulan dalam satu tahun.
3. Menceritakan kegiatan sehari-hari sesuai dengan waktunya, misalnya : waktu tidur, waktu makan, waktu sekolah, dll.
4. Menggunakan konsep waktu (hari ini, nanti, sekarang, kemarin, besok, dll).
VII 1. Menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan benda sampai 10.
2. Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan, misal : merah, putih, biru, merah, putih, biru, merah, ….
3. Meniru pola dengan menggunakan berbagai benda.
D. Fisik dan Motorik
I 1. Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan, Misal : makan, mandi, menyisir rambut, memasang kancing, mencuci dan melap tangan, mengikat tali sepatu.
2. Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough / tanah liat, pasir.
3. Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung, dan lingkaran.
4. Meniru melipat kertas sederhana (7 lipatan).
5. Menjahit bervariasi ( jelujur dan silang )     15 lubang dengan tali raffia, benang wol.
6. Menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk / pola (lurus, lengkung, gelombang, zig-zag, lingkaran, segiempat, segitiga).
7. Mencocok bentuk.
8. Menyusun menara kubus minimal 12 kubus.
9. Membuat lingkaran dan bujur sangkar dengan rapi.
10. Memegang pensil dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari).
II 1. Memantulkan bola besar, bola sedang, dan bola kecil (diam di tempat).
2. Melambungkan dan menangkap kantong biji sambil berjalan / bergerak.
3. Memantulkan bola besar, bola sedang, dan bola kecil sambil berjalan / bergerak.
4. Menangkap, melempar bola besar, bola sedang dan bola kecil (tenis) dengan memutar badan, mengayunkan lengan dan melangkah.
III 1. Berjalan maju pada garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan dengan berjinjit, berjalan dengan tumit sambil membawa beban.
2. Berjalan mundur, berjalan ke samping pada garis lurus sejauh 2-3 meter sambil membawa beban.
3. Meloncat dari ketinggian 30-50 cm.
4. Memanjat, bergantung dan berayun.
5. Berdiri dengan tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang.
6. Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh.
7. Menendang bola ke depan dan ke belakang.
8. Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi.
9. Bermain dengan simpai (digelindingkan sambil berjalan dan berlari).
10. Senam fantasi bentuk meniru, misalnya : menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman yang terkena angin (sepoi-sepoi dan angin kencang dan angin kencang sekali) dengan lincah.
11. Naik otopet, sepeda roda dua.

E. Seni

I 1. Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang dan bahan-bahan alam) dengan rapi.
2. Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga, dan segiempat.
3. Menggambar orang dengan lengkap dan proporsional.
4. Mencetak dengan berbagai media (jari/finger painting, kuas, pelepah pisang, daun, bulu ayam) dengan lebih rapi.
II 1. Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan rapi.
2. Mewarnai benda tiga dimensi dengan berbagai media.
III 1. Meronce dengan manik-manik sesuai pola (2 pola).
2. Meronce dengan berbagai media misal : bagian tanaman, bahan bekas, karton, kain perca, dll.
3. Menciptakan 3 bentuk bangunan dari balok.
4. Menciptakan 3 bentuk dari kepingan geometri.
5. Menciptakan bentuk dengan lidi.
6. Menganyam dengan berbagai media misal : kain perca, daun, sedotan, kertas, dll.
7. Membatik dan jumputan.
8. Membuat gambar dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media (kertas, ampas kelapa, biji-bijian, kain perca, batu-batuan, dll).
9. Membentuk gambar dengan teknik mozaik dengan memakai berbagai bentuk bahan (segiempat, segitiga, lingkaran, dll).
10. Membuat mainan dengan teknik menggunting, melipat dan menempel.
11. Mencocok dengan pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri.
12. Permainan warna dengan berbagai media misalnya : krayon, cat air, dll.
13. Melukis dengan jari (finger painting)
14. Melukis dengan berbagai media (kuas, bulu ayam, daun-daunan, dll).
15. Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat membentuk irama.
16. Membuat berbagai bentuk dari kertas, daun-daunan, dll.
17. Menciptakan alat perkusi sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama.
18. Bertepuk tangan dengan 3 pola.
19. Bertepuk tangan membentuk irama.
IV 1. Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik dengan lentur.
2. Bergerak bebas dengan irama musik.
3. Menari menurut musik yang didengar mengekspresikan diri dalam gerak.
4. Bervariasi dengan lentur dan lincah.
V 1. Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak.
2. Menyanyi lagu anak sambil bermain musik.
VI 1. Mengucapkan sajak dengan ekspresi yang bervariasi, misalnya : perubahan intonasi, perubahan gerak dan penghayatan.
2. Membuat sajak sederhana.
VII 1. Mengekspresikan gerak sesuai dengan syair lagu atau cerita.
2. Mengucapkan syair lagu sambil diiringi senandung lagunya.
VIII 1. Mengkomunikasikan gagasan melalui gerak tubuh.
2. Menceritakan gerak pantomim kedalam bahasa lisan.