Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kurikulum TK Islam

Sekarang ini banyak orang tua muslim yang memilih menyekolahkan buah hatinya ke lembaga pendidikan formal anak usia dini atau TK Islam. Hal ini bertujuan agar semenjak dini anak-anak telah mempunyai dasar iman dan keagamaan yang kuat sehingga terbawa hingga ke kehidupan dewasanya kelak. TK-TK Islam ini menerapkan kurikulum TK Islam dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sehari-hari. Apa yang dimaksud dengan kurikulum Islam?
Kurikulum TK Islam
Kurikulum TK Islam mengacu pada kurikulum sekolah taman kanak-kanak yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional Indonesia dan standar pendidikan kementrian agama dengan modifikasi atau tambahan yang disesuaikan dengan visi dan misi masing-masing lembaga pendidikan. Kurikulum tambahan tersebut pada umumnya bertujuan menunjang perkembangan keseluruhan aspek kecerdasan anak dengan berbagai kegiatan yang diterapkan dalam proses belajar mengajar.

Penerapan Kurikulum TK Islam

  1. Pendidikan agama
    Dengan label taman kanak-kanak Islam, tentu pendidikan agama mendapat porsi yang cukup besar berdampingan dengan pelajaran yang lain. Pada TK Islam usaha untuk menumbuhkan keimanan anak-anak usia dini dilakukan dengan metode belajar dari alam semesta untuk menghayati kebesaran Tuhan, mendengarkan cerita kisah-kisah bernuansa islami, dan praktek ritual keagamaan untuk membiasakan mereka dengan kegiatan beribadah.
  2. Ilmu pengetahuan
    Selain pendidikan agama, TK-TK Islam juga tidak meninggalkan ilmu pengetahuan sebagai bekal kehidupan anak didiknya saat dewasa kelak. Proses pengajaran ilmu pengetahuan dilakukan secara sederhana sesuai dengan perkembangan dan pemahaman mereka melalui proses pengamatan, penyelidikan, bertanya, dan berdiskusi untuk menemukan rahasia alam semesta.
  3. Keterampilan
    Perkembangan kecerdasan dan kreativitas anak didik, dapat dicapai dengan berbagai latihan keterampilan seperti misalnya, menggunting dan menempel, mewarnai gambar, membuat berbagai model benda dengan plastisin dan sebagainya. Kegiatan belajar yang dilakukan dalam koridor bermain ini secara tidak langsung akan memberikan manfaat bagi siswa seperti melatih kinerja otot, merangsang kreativitas, dan kecerdasan.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa lembaga formal taman kanak-kanak yang menerapkankurikulum TK Islam tetap tidak meninggalkan pengajaran ilmu pengetahuan sebagai bekal kehidupan anak didik, dan latihan keterampilan yang bermanfaat sebagai pengembangan diri mereka.

Posting Komentar untuk "Kurikulum TK Islam"