Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Prosedur Penilaian | Pedoman Penilaian PAUD

Prosedur penilaian PAUD


Prosedur penilaian ini merupakan sambungan artikel dari Metode Penilaian pada postingan sebelumnya.

Prosedur Penilaian


Adapun beberapa prosedur untuk menentukan penialaian adalah sebagai berikut :

1. Guru melaksanakan penilaian

Guru melaksanakan penilaian dengan mengacu pada tingkat pencapaian perkembangan, capaian perkembangan, serta indicator yang hendak dicapai dalam satu satuan kegiatan yang direncanakan dalam tahapan waktu trtentu dengan memperhatikan prinsip penilaian yang telah ditentukan

2. Penilaian dilakukan secara integratif

Penilaian dilakukan secara integratif dengan kegiatan pembelajaran. Artinya guru tidak secara khusus melaksanakan penilaian, tetapi menyatu dengan aktifitas pembelajaran dan kegiatan bermain berlangsung.

Dalam pelaksanaan penilaian sehari-hari, guru mengacu pada indikator standar tingkat yang pencapaian perkembangan yang merupakan penjabaran dari capaian perkembangan dan potensi perkembangan peserta didik, yang akan dicapai seperti yang telah diprogramkan dalam rencana kegiatan harian (RKH).

3. Pencatatan hasi

Cara pencatatan hasil penilaian harian dilaksanakan sebagai berikut :
  • Catatan hasil penilaian harian perkembangan anak dicantumkan pada kolom penilaian di rencana kegiatan harian (RKH).
  • Anak yang belum berkembang (BB) perkembangan sesuai dengan indikator seperti yang diharapkan dalam RKH atau dalam pelaksanaan tugas selalu dibantu guru, maka pada kolom penilaian ditulis nama anak dan diberi tanda satu bintang.
  • Anak yang sudah mulai berkembang (MB) sesuai dengan indikator seperti yang diharapkan dalam RKH mendapatkan tanda dua bintang .
  • Anak yang sudah berkembang sesuai harapan (BSH) pada indikator dalam RKH mendapatkan tanda tiga bintang.
  • Anak yang berkembang sangat baik (BSB) melebihi indikator seperti yang diharapkan dalam RKH mendapatkan tanda empat bintang .


Catatan :
  • Penggunaan tanda bintang merupakan simbol untuk menunjukan tingkat pencapaian perkembangan peserta didik dan hanya menjadi catatan guru.
  • Untuk simbol bintang bisa diganti dengan simbol lain misalnya simbol lingkaran. BB menggunakan lingkaran kosong, MB menggunakan lingkaran setengah isi dan BSH dengan lingkaran penuh. Sedang untuk BSB cukup dengan lingkaran penuh.  


4. Hasil catatan penilaian

Hasil catatan penilaian yang ada dalam rencana kegiatan harian (RKH) dirangkum dan dipindahkan ke dalam rekap bulanan pencapaian penilaian perkembangan peserta didik berupa narasi singkat.


5. Rekaman hasil penilaian

Rekaman hasil penilaian perkembangan anak, yang dirangkum pada bulanan, menjadi referensi untuk menyusun laporan perkembangan anak dalam satu semester, yang dibuat secara deskriptif. 


Artikel bersambung ke Pelaporan Hasil Penilaian.

1 komentar untuk "Prosedur Penilaian | Pedoman Penilaian PAUD"

  1. Asslamulaikum pak Setiadi Susilo saya mau tanya apa kiranya ada buku yang menerangkan penilaian berbintang, kalau ada mohon infonya pak kebetulan saya sedang menyusun karya ilmiyah yang berkaitan dengan hal tersebut terimakasih.
    kalau ada mohon infonya ya pak kirim ke muhamadanwar178@gmail.com

    BalasHapus