Prosedur Penilaian | Pedoman Penilaian PAUD
Prosedur penilaian ini merupakan sambungan artikel
dari Metode Penilaian pada postingan sebelumnya.
Prosedur Penilaian
Adapun beberapa prosedur untuk menentukan
penialaian adalah sebagai berikut :
1. Guru melaksanakan penilaian
Guru melaksanakan penilaian dengan mengacu pada
tingkat pencapaian perkembangan, capaian perkembangan, serta indicator yang
hendak dicapai dalam satu satuan kegiatan yang direncanakan dalam tahapan waktu
trtentu dengan memperhatikan prinsip penilaian yang telah ditentukan
2. Penilaian dilakukan secara integratif
Penilaian dilakukan secara integratif dengan
kegiatan pembelajaran. Artinya guru tidak secara khusus melaksanakan penilaian,
tetapi menyatu dengan aktifitas pembelajaran dan kegiatan bermain berlangsung.
Dalam pelaksanaan penilaian sehari-hari, guru
mengacu pada indikator standar tingkat yang pencapaian perkembangan yang
merupakan penjabaran dari capaian perkembangan dan potensi perkembangan peserta
didik, yang akan dicapai seperti yang telah diprogramkan dalam rencana kegiatan
harian (RKH).
3. Pencatatan hasi
Cara pencatatan hasil penilaian harian
dilaksanakan sebagai berikut :
- Catatan hasil penilaian harian perkembangan anak dicantumkan pada kolom penilaian di rencana kegiatan harian (RKH).
- Anak yang belum berkembang (BB) perkembangan sesuai dengan indikator seperti yang diharapkan dalam RKH atau dalam pelaksanaan tugas selalu dibantu guru, maka pada kolom penilaian ditulis nama anak dan diberi tanda satu bintang.
- Anak yang sudah mulai berkembang (MB) sesuai dengan indikator seperti yang diharapkan dalam RKH mendapatkan tanda dua bintang .
- Anak yang sudah berkembang sesuai harapan (BSH) pada indikator dalam RKH mendapatkan tanda tiga bintang.
- Anak yang berkembang sangat baik (BSB) melebihi indikator seperti yang diharapkan dalam RKH mendapatkan tanda empat bintang .
Catatan :
- Penggunaan tanda bintang merupakan simbol untuk menunjukan tingkat pencapaian perkembangan peserta didik dan hanya menjadi catatan guru.
- Untuk simbol bintang bisa diganti dengan simbol lain misalnya simbol lingkaran. BB menggunakan lingkaran kosong, MB menggunakan lingkaran setengah isi dan BSH dengan lingkaran penuh. Sedang untuk BSB cukup dengan lingkaran penuh.
4. Hasil catatan penilaian
Hasil catatan penilaian yang ada dalam rencana
kegiatan harian (RKH) dirangkum dan dipindahkan ke dalam rekap bulanan
pencapaian penilaian perkembangan peserta didik berupa narasi singkat.
5. Rekaman hasil penilaian
Rekaman hasil penilaian perkembangan anak, yang
dirangkum pada bulanan, menjadi referensi untuk menyusun laporan perkembangan
anak dalam satu semester, yang dibuat secara deskriptif.
Artikel bersambung ke Pelaporan Hasil Penilaian.
Artikel bersambung ke Pelaporan Hasil Penilaian.
Asslamulaikum pak Setiadi Susilo saya mau tanya apa kiranya ada buku yang menerangkan penilaian berbintang, kalau ada mohon infonya pak kebetulan saya sedang menyusun karya ilmiyah yang berkaitan dengan hal tersebut terimakasih.
BalasHapuskalau ada mohon infonya ya pak kirim ke muhamadanwar178@gmail.com