Indikator PAUD Kelompok Usia 2 – 3 Tahun
Indikator PAUD Kelompok Usia 2 – 3 Tahun
Dibawah ini adalah contoh indikator PAUD untuk anak usia 2 sampai 3 tahun
ASPEK PERKEMBANGAN
|
STANDAR PERKEMBANGAN
|
PERKEMBANGAN DASAR
|
INDIKATOR
|
MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA
|
Anak mampu meniru secara sederhana perilaku keagamaan
yang dilihat dan didengarnya, mengekspresikan rasa sayang atau cinta kasih
sayangnya serta mulai meniru perilaku baik dan sopan
|
Dapat meniru
perilaku keagamaan secara sederhana
|
·
Menyebut nama Tuhan
·
Mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan
sesudah melakukan kegiatan
·
Menyanyikan lagu keagamaan
·
Mengucapkan salam keagamaan
|
Dapat mengekpresikan rasa sayang atau cinta kasih
sesamanya
|
·
Menunjukkan rasa sayang dan cinta kasih melalui
belaian/ rangkulan
·
Menyayangi
binatang
·
Memelihara
tanaman
·
Suka
menolong teman
|
||
Dapat meniru perilaku yang baik dan
sopan
|
·
Mengucapkan salam, terima kasih, minta tolong secara
sederhana
·
Mau menjawab sapaan dengan ramah
|
||
SOSIAL, EMOSIONAL, DAN KEMANDIRIAN
|
Anak mampu
beriteraksi, dan menunjukkan reaksi emosi yang wajar, mengenal tagungjawab,
mulai menunjukkan kemandirian, disiplin, dan percaya diri
|
Dapat berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
|
·
Mulai menunjukkan senang bermain dengan teman
·
Merespon terhadap beberapa nama teman bermain
·
Senang meniru apa yang dilakukan orang lain
·
Mau
menyapa teman
|
·
Dapat menunjukkan keinginannya
|
·
Mau memilih sesuatu yang disukai
·
Mempertahankan
hak milik
·
Menunjuk
benda miliknya
|
||
Dapat mengenal diri
dan lingkungan Terdekat
|
·
Menunjuk orang-orang yang terdekat
·
Menyebutkan ciri-ciri dirinya
·
Menyebutkan idintitas dirinya
|
||
Dapat menunjukkan
kemandirian
|
·
Dapat
ditinggalkan oleh orangtuanya
·
Memilih
kegiatan sendiri
·
Mulai
dapat menggunakan toilet (wc) namun masih dibantu/diingatkan
·
Makan
dan minum sendiri
|
||
Dapat mengekpresikan emosi
secara wajar
|
·
Menunjukkan ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami
ketidaknyamanan (Misal: Diganggu temannya)
·
Menunjukkan ekspresi emosi yang wajar ketika mengalami
kegembiraan (Misal: Melihat hal yang lucu)
|
||
Mulai menunjukkan sikap
kedisiplinan
|
·
Menyimpan mainannya sendiri
·
Mulai mengikuti aturan sederhana
|
||
Mulai menunjukkan
percaya diri
|
·
Berani mengungkapkan perasaannya
·
Berani menampilkan kemampuaannya
|
||
BAHASA
|
Anak mampu mendengarkan dan
berkomunikasi secara lisan dengan
kalimat sederhana
|
Dapat mendengarkan
informasi lisan
|
·
Mendengarkan
cerita
·
Mendengarkan lagu-lagu
·
Melaksanakan
perintah sederhana
·
Merespon ketika namanya dipanggil
|
Dapat mengungkapkan keinginannya melalui
ungkapan sederhana
|
·
Mengucapkan kalimat dengan 2-3 kata (Contoh: Saya mau
makan, dll.)
·
Menjawab pertanyaan sederhana “apa, siapa, dimana”
·
Menggunakan
kata ganti "aku"
·
Menyebutkan
nama diri
·
Meniru dan mengulangi bunyi dan atau kata
·
Menceritakan pengalaman sehari-hari secara sederhana
|
||
Dapat mengenal lambang (pramembaca)
|
·
Menunjukkan lambang suatu benda (Contoh: mengenal
lambang/logo dari produk makanan, minuman yang dikenal anak, dll.)
·
Mengemukakan
kembali cerita yang digemari
·
Memilih-milih
buku/media cetak lainnya menurut kesukaannya
·
Meminta
tolong kepada orang dewasa untuk menuliskan cerita gambar yang dibuatnya
|
||
Dapat membuat coretan-coretan (pramenulis)
|
·
Menghasilkan coretan dengan menggunakan
berbagai alat tulis
·
Menghasilkan garis-garis dengan alat tulis
|
||
KOGNITIF
|
Anak mampu mengenal benda dan memanipulasi objek/benda
|
Dapat mengenal benda
|
·
Menyebutkan benda-benda di sekitar
·
Menyebutkan
berbagai bentuk benda
·
Membedakan warna yang
dikenalnya
·
Membedakan ukuran benda (besar-kecil)
·
Membedakan
rasa dan bau
·
Membedakan
konsep buka-tutup. depan-belakang, keluar-masuk
|
Dapat menggunakan benda
|
·
Menyusun benda ke atas dan ke samping
·
Memasang puzzel 3 keping
·
Membilang 1-5 (tanpa mengenal konsep)
·
Mengenal konsep 1-2
·
Membedakan banyak-sedikit, sama- tidak sama
·
Membedakan bunyi –bunyian
·
Mulai dapat menggunakan alat untuk memperoleh sesuatu yang berada
di luar jangkauannya (Contoh: meraih benda dengan menggunakan alat bantu)
·
Membangun balok dan merobohkannya
·
Menyodok, menjatuhkan, mendorong, menarik, dan meremas benda
untuk melihat apa yang akan terjadi
·
Mulai dapat menempatkan benda pada tempat tempat yang sesuai
(Contoh: Membuang sampah di tempat sampah, menyimpan mainan ditempatnya,
dll.)
|
||
Dapat mengenal
ciri-ciri benda/orang
|
·
Mulai mengenal jenis kelamin
·
Menyebutkan bagian tubuh secara sederhana
|
||
FISIK/MOTORIK
|
Anak mampu
melakukan
gerak dasar sederhana
|
Dapat melakukan
gerakan di tempat (tidak berpindah)
|
·
Meniru gerakan senam sederhana
·
Mengekspresikan diri lewat seni musik, dengan berbagai gerakan
|
Dapat melakukan gerak
berpindah tempat
|
·
Berjalan dengan kontrol yang baik
·
Berlari lurus ke depan
·
Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm
dengan dua kaki
·
Merayap dan merangkak lurus ke depan
·
Menghindari rintangan ketika berjalan
·
Melompat ke depan dengan dua kaki
bersama-sama
·
Menirukan gerakan binatang dan tanaman
·
Naik turun tangga dengan berpegangan
|
||
Dapat memainkan benda menggunakan tangan atau kaki
|
·
Menggulirkan bola dengan satu/dua tangan
·
Melempar bola dengan satu atau dua tangan
·
Memasukkan bola ke dalam keranjang
·
Menangkap bola besar yang
dilambungkan dengan dua tangan
·
Menendang
bola
·
Memegang
benda dengan benar
·
Mengaduk cairan dengan berbagai alat
·
Menuang (air, beras, biji-bijian)
·
Meraup pasir, biji-bijian, beras
|
||
Anak mampu menunjukan kontrol dan koordinasi
antara tangan dan mata
|
Dapat melakukan koordinasi mata dan
jari-jari untuk kelenturan otot
|
·
Merobek dengan jari
·
Menggunakan lima jari untuk meremas-remas
sesuatu
·
Menggunakan dua jari untuk memegang sesuatu
·
Melipat kertas tak beraturan
·
Menggunting kertas tak beraturan
·
Menggunakan kuas,spidol dan
krayon untuk mencoret-coret bebas
·
Meronce dengan manik-manik yang besar
·
Membedakan permukaan benda melalui perabaan
|
|
Anak mampu
menunjukkan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya secara sederhana
|
Menjaga kesehatan fisik diri sendiri
|
·
Mau makan makanan yang bergizi
·
Menutup mulut ketika batuk atau menguap
|
|
Menjaga kebersihan dirinya
|
·
Menggosok gigi sendiri (dengan pengawasan)
·
Mandi pada waktunya
·
Makan sendiri dengan dibantu
·
Mau cuci tangan sebelum dan sesudah makan
|
||
SENI
|
Anak Mampu melakukan berbagai gerakan anggota
tubuhnya sesuai dengan irama dan dapat mengekspresikan diri dalam bentuk
goresan sederhana
|
Dapat bergerak bebas mengikuti
irama musik
|
·
Bertepuk tangan mengikuti irama musik
·
Menari mengikuti irama musik
·
Memukul-mukul benda menurut irama musik
|
Dapat mengekspresikan diri
dalam bentuk coretan sederhana
|
·
Mengekspresikan diri melalui gambar
sederhana
·
Mengekspresikan imajinasinya dalam bentuk
coretan atau gambar
|
Tks atas tulisannya yang sangat bermanfaat ini. Saya yakin semua guru PAUD akan sangat menyambut dengan senang. Salam.
BalasHapus