Pelaporan Hasil Penilaian | Pedoman Penilaian PAUD

Posted by Setiadi Susilo On 0 comments
Sambunag dari postingan Prosedur Penilaian.

Pelaporan hasil penilaian merupakan kegiatan merumuskan dan mengkomunikasikan hasil penilaian guru tentang pertumbuhan dan perkembangan anak, kepada orang tua dan pihak-pihak yang relevan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak dan penyelenggaraan pendidikan usia dini.

Frekuensi pelaporan hasil penilaian, pengukuran dan asesmen terhadap pesrerta didik secara terprogram dilakukan satu semester satu kali.

Sekalipun demikian, dalam kondisi khusus, pelaporan dapat pula dilakukan dalam waktu-waktu tertentu. Bahan untuk permasalahan yang membutuhkan penanganan segera, pelaporan atau konsultasi dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan guru dan orang tua atau pihak-pihak lain yang relevan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Bentuk Pelaporan



Berdasarkan hasil rangkuman pertumbuhan dan perkembangan peserta didik setiap penggalan waktu tertentu, penilaian dilaporkan dalam bentuk uraian (deskripsi) singkat dari masing-masing aspek perkembangan, yaitu :

  • Perkembangan nilai-nilai agama dan moral
  • Perkembangan Motorik
  • Perkembangan Kognitif
  • Perkembangan Bahasa
  • Perkembangan sosial emosional
  • Kemampuan Seni

Uraian (deskripsi) dirumuskan dan dibuat seobyektuf mungkin sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua / wali atau bagi yang berkepentingan dengan bentuk Laporan Perkembangan Peserta Didik.

Pola Penulisan Laporan

Berdasarkan hasil penilaian guru tentang perkembangan anak selama satu semester maka pola pelaporan yang dituangkan ke dalam buku laporan perkembangan peserta didik mengikuti kriteria sebagai berikut :

  1. Uraian perkembangan secara umum.
  2. Uraian perkembangan kemampuan anak yang masuk dalam klasifikasi berkembang sangat baik (BSB) dan atau berkembang sesuai harapan (BSH) dan klasifikasi belum berkembang pada semua aspek perkembangan.

Teknik Melaporkan Hasil Penilaian

Laporan Perkembangan Peserta Didik dilaporkan oleh kepala/guru secara lisan dan tulisan. Cara yang ditempuh dapat dilaksanakan dengan bertatap muka serta dimungkinkan adanya hubungan dan informasi timbal balik antara lembaga dan orang tua/wali.

Hal yang perlu diingat dalam pelaksanaan kegiatan kegiatan ini adalah kemampuan guru dalam menjaga kerahasiaan data atau informasi.

Artinya, data atau informasi tentang peserta didik hanya diinformasikan dan dibicarakan dengan orang tua/wali pesertta didik yang bersangkutan atau tenaga ahli dalam rangka bimbingan selanjutnya.

Sangat tidak relevan, data dan informasi tentang peserta didik, terutama yang berkenaan dengan permasalahan yang dihadapinya, dikomunikasikan pada pihak-pihak yang tidak relevan.

Agar penyampaian laporan berhasil dengan baik, beberapa langkah berikut perlu dilakukan, yaitu :
  • Sampaikan pemberitahuan agenda pertemuan dengan orang tua, setidaknya 1 minggu sebelum kegiatan berlangsung.
  • Siapkan tempat atau ruangan pertemuan yang memungkinkan orang tua bebas bercerita. Jika pesoalannya bersifat pribadi, maka siapkan ruangan khusus, agar orang tua tidak ragu dalam menyampaikan permasalahannya.
  • Gunakan sikap badan dan ekspresi wajah secara tepat.
  • Peliharalah kontak mata pada saat penyampaian laporan laporan dan konsultasi dengan orang tua.
  • Jika memungkinkan, hindari aktifitas mencatat ketika kegiatan atau konsultasi berlangsung. Buatlah rangkuman catatan segera setelah kegiatan konsultasi selesai dilakukan.
  • Pada akhir pertemuan, sampaikanlah apresiasi pada orang tua, bahwa pertemuan ini sangat produktif bagi perkembangan peserta didik. 

0 comments to Pelaporan Hasil Penilaian | Pedoman Penilaian PAUD

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar dengan bijak tanpa ada unsur sara dan tidak melanggar norma-norma sosial agama.