Indikator PAUD Kelompok Umur 5 – 6 Tahun

Posted by Setiadi Susilo On 5 comments

Contoh Indikator PAUD Kelompok Umur 5 – 6 Tahun


Untuk mendownload dalam versi MS.Word bisa di sini >> Indikator 5 - 6 Tahun
Aspek Perkembangan
Standar Perkembangan
Perkembangan Dasar
Indikator
A.      MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

I.    Anak mampu melakukan ibadah dan perilaku keagamaan secara berurutan dan mulai belajar membedakan perilaku baik dan buruk

a.    Dapat melaksanakan ibadah, bersyair dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan





1.       Mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya
2.       Mengenal tempat-tempat ibadah
3.       Mengenal hari-hari besar agama
4.       Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan secara berurutan
5.       Menyebutkan macam-macam agama yang dikenal
6.       Menyanyi lagu-lagu keagamaan
7.       Bersyair yang bernafaskan agama
8.       Mulai terlibat dalam acara keagamaan
9.       Menyimak beberapa cerita bernuansa keagamaan
10.    Melaksanakan gerakan beribadah secara berurutan namun belum secara rutin



b.       Dapat  menyayangi ciptaan Tuhan

1.       Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan
2.       Berbuat baik terhadap sesama teman. Misal: Tidak menggangu orang yang sedang melakukan kegiatan
3.       Menyiram/merawat  tanaman
4.       Memberi makan binatang
5.       Suka menolong teman dan orang dewasa
6.       Menyayangi sahabat
7.       Mau berbagi dengan orang lain



c.        Terbiasa berperilaku sopan santun dan saling menghormati sesama

1.       Bersikap ramah
2.       Meminta tolong dengan baik
3.       Berterima kasih jika memperoleh sesuatu.
4.       Meminta maaf jika melakukan kesalahan
5.       Berbahasa sopan dalam berbicara (tidak berteriak)
6.       Mau mengalah
7.       Mendengarkan orang tua/teman berbicara
8.       Tidak mengganggu teman
9.       Memberi dan membalas salam
10.    Menutup mulut dan hidung bila bersin/batuk
11.    Menghormati yang lebih tua
12.    Menghargai teman/orang lain
13.    Mendengarkan dan memperhatikan teman bicara
14.    Menyayangi yang lebih muda dan menghormati yang lebih tua



d.    Dapat membedakan perbuatan yang benar dan salah
1.       Membedakan perbuatan yang benar dan salah
2.       Menyebutkan perbuatan salah dan benar

B.      SOSIAL, EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN

I.     Anak mampu beriteraksi, dan mulai mematuhi aturan, dapat mengendalikan emosinya,menunjukan percaya diri, dan dapat menjaga diri sendiri


a.    Dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa




1.       Bersedia bermain dengan teman sebaya tanpa membedakan (warna kulit, keturunan, rambut, agama, dll.)
2.       Mau memuji teman/orang lain
3.       Mengajak teman untuk bermain/belajar
4.       Bermain bersama (permainan halma, ular tangga, dll.)
5.       Berkomunikasi dengan orang dewasa ketika melakukan sesuatu (membuat kue, memasak, dll.)
6.       Berkomunikasi dengan temannya ketika mengalami musibah (Misal: Sakit, sedih, dll.)



b.    Dapat menunjukan rasa percaya diri

1.       Berani bertanya dan menjawab
2.       Mau mengemukakan pendapat secara sederhana
3.       Mengambil keputusan secara sederhana
4.       Bermain pura-pura tentang profesi
5.       Bekerja secara mandiri
6.       Berani bercerita secara sederhana



c.     Dapat menunjukkan  sikap kemandirian

1.       Memasang kancing atau resleting sendiri.
2.       Memasang dan membuka tali sepatu sendiri
3.       Berani pergi dan pulang sekolah sendiri (Bagi yang dekat dengan sekolah)
4.       Mampu mandi sendiri, BAK dan BAB (toilet training)
5.       Mengerjakan tugas sendiri
6.       Bermain sesuai dengan jenis permainan yang dipilihnya
7.       Mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan (misalnya: berpakaian, menggosok gigi, makan)



d.    Dapat menunjukkan emosi yang wajar

1.      Mau berpisah dengan ibu
2.      Menerima kritikan dan saran
3.      Membantu memecahkan perselisihan/masalah
4.      Mengekpresikan perasaannya (Misal: Marah, sedih, gembira, kaget, dll.)



e.     Terbiasa menunjukkan sikap kedisplinan dan mentaati peraturan
1.      Membuang sampah pada tempatnya
2.      Merapikan mainan setelah digunakan
3.      Mentaati peraturan yang berlaku
4.      Berangkat ke sekolah tepat waktu

f.     Dapat bertanggung jawab

1.       Melaksanakan tugas yang diberikan guru.
2.       Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
3.       Melaksanakan kegiatan sendiri sampai selesai
4.       Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberkan
5.       Memelihara milik sendiri
6.       Bekerjasama dalam menyelesaikan tugas


g.     Terbiasa menjaga lingkungan

1.       Memelihara lingkungan. Misalnya: tidak mencorat coret tembok, membuang sampah pada tempatnya, dll.
2.       Menghemat pemakaian air dan listrik
3.       Membersihkan peralatan makanan setelah digunakan

C.      BAHASA 
I.      Anak dapat berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis, dan berhitung
a.    Dapat mendengar dan membedakan bunyi suara, kata dan kalimat sederhana




1.       Membedakan kembali bunyi/suara tertentu
2.       Membedakan kata-kata yang mempunyai suku kata awal yang sama (misal: kaki-kali) dan suku kata akhir yang sama (misal: nama-sama dll).
3.       Mendengarkan dan menceritakan kembali cerita secara runtut.
4.       Melakukan 3 - 5 perintah secara berurutan dengan benar
5.       Menunjukkan beberapa gambar yang diminta
6.       Menirukan kembali bunyi/suara tertentu
7.       Menirukan kembali 4-5 urutan kata



b.    Dapat berkomunikasi/ berbicara lancar dengan lafal yang benar

1.       Menyebutkan nama diri, nama orang tua,  jenis kelamin, tanggal dan bulan kelahirannya, alamat rumah dengan lengkap
2.       Berkomunikasi secara lisan dengan bahasanya sendiri (sesuai usia anak)
3.       Menceritakan pengalaman/ kejadian secara sederhana dengan runtut
4.       Menerima pesan sederhana dan menyampaikan pesan tersebut
5.       Menjawab pertanyaan sederhana
6.       Berbicara lancar dengan menggunakan kalimat yang kompleks terdiri atas 5 – 6 kata
7.       Bercerita menggunakan kata ganti aku, saya, kamu, dia, mereka.
8.       Menyebutkan nama  benda yang diperlihatkan
9.       Melakukan percakapan dengan teman sebaya atau orang dewasa
10.    Menyebutkan gerakan-gerakan. Misanya : jongkok, duduk, berlari, makan dll.
11.    Memberikan keterangan yang berhubungan dengan posisi/ keterangan tempat. Misalnya : di luar, di dalam, di atas, di bawah, di muka, di depan, di belakang, di kiri, di kanan dsb.



c.     Dapat memahami bahwa  ada hubungan antara lisan dengan tulisan (pra membaca)

1.      Menggunakan kata-kata yang menunjukkan urutan
2.      Membuat gambar dan menceritakan isi gambar dengan beberapa coretan/ tulisan yang sudah berbentuk huruf/kata
3.      Bercerita tentang gambar yang disediakan atau dibuat sendiri dengan urut dan bahasa yang jelas
4.      Mengurutkan dan menceritakan isi gambar seri (4 - 6 gambar)
5.      Membaca buku cerita bergambar dan menceritakannya



d.    Dapat memahami bahwa  ada hubungan antara gambar dengan tulisan (pramenulis)

1.      Menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya
2.      Membaca beberapa kata berdasarkan gambar, tulisan  dan benda yang dikenal atau dilihatnya
3.      Membuat coretan/tulisan yang berbentuk huruf/kata berdasarkan gambar yang dibuatnya
4.      Mulai menunjukkan ketetarikan dengan buku/ media cetak

D.      KOGNITIF
I.  Anak mampu mengenaldan memahami  berbagai konsep sederhana dan dapat memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
a.    Dapat mengenal klasifikasi sederhana



1.    Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya; Menurut warna, bentuk, ukuran, jenis, dll.
2.    Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu



b.    Dapat mengenal konsep-konsep sains sederhana

1.       Menceritakan hasil percobaan sederhana tentang: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman (biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan, daun dll.)
2.       Apa yang terjadi jika balon ditiup lalu dilepaskan
3.       Benda-benda dimasukkan ke dalam air (terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi) 
4.       Percobaan dengan magnit mengamati dengan kaca pembesar
5.       Membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara berdasarkan percobaan

c.     Dapat mengenal bilangan dan memahami konsep-konsep matematika sederhana

1.       Membilang/menyebut urutan bilangan dari 1 sampai 20
2.       Membilang dengan menunjuk benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 10
3.       Menunjukkan urutan benda untuk bilangan sampai 10
4.       Membedakan konsep banyak - sedikit, lebih – kurang,  sama – tidak sama
5.       Menghubungkan / memasangkan lambang bilangan dengan benda- benda sampai 10 ( anak tidak disuruh menulis)
6.       Menunjukkan jumlah yang sama - tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit dari 2 kumpulan benda
7.       Menyebutkan hasil penambahan (menggabungkan 2 kumpulan benda) dan pengurangan (memisahkan kumpulan benda) dengan benda sampai 10
8.       Menyebutkan waktu/jam



d.    Dapat mengenal bentuk geometri

1.       Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, segiempat, dll)
2.       Membedakan benda-benda yang berbentuk geometri
3.       Membedakan ciri-ciri bentuk geometri
4.       Menyebutkan benda-benda yang berbentuk geometri



e.     Dapat memecahkan masalah sederhana

1.       Mengerjakan maze (mencari jejak) yang sederhana (tiga empat jalan)
2.       Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (7 – 10 keping)
3.       Mencari lokasi tempat asal suara
4.       Memasang benda sesuai dengan pasangannya
5.       Menunjukkan sedikitnya 12 benda berikut fungsinya
6.       Menceritakan tentang sesuatu yang diperoleh dari buku
7.       Menceritakan kembali sesuatu berdasarkan ingatannya
8.       Membedakan konsep kasar – halus melalui panca indera



f.     Dapat mengenal konsep ruang dan posisi

1.       Menyebutkan konsep depan – belakang – tengah, atas – bawah, kiri -kanan, luar – dalam, pertama – terakhir – diantara, keluar – masuk, naik – turun, maju – mundur


g.     Dapat mengenal ukuran
2.      Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat, lebar/luas - sempit melalui mengukur dengan satuan tak baku (langkah, jengkal, benang, tali, lidi dll)
3.      Membedakan konsep berat – ringan, gemuk - kurus melalui menimbang benda dengan timbangan/timbangan buatan dan panca indera
4.      Membedakan konsep penuh-kosong melalui mengisi wadah dengan air, pasir, biji-bijian, beras, dll
5.       Membedakan konsep tebal-tipis, tinggi – rendah, besar-kecil, cepat lambat dsb.




h.    Dapat mengenal konsep waktu

1.       Membedakan waktu (pagi, siang, malam)
2.       Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu, satu bulan dan mengetahui jumlah bulan dalam satu tahun
3.       Menceritakan kegiatan sehari-hari sesuai dengan waktunya misal: waktu tidur, waktu makan, waktu sekolah dll




i.      Dapat mengenal berbagai pola
1.      Menggunakan konsep waktu (hari ini, nanti, sekarang, besok, kemarin)
2.       Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 3-4 pola yang berurutan. Misalnya merah – putih - biru, merah – putih - biru, merah,….

j.      Dapat mengenal konsep pengetahuan sosial sederhana

1.       Menceritakan letak  lokasi dari rumah  ke sekolah atau ke tempat-tempat yang dikenalnya
2.       Mengenal berbagai macam profesi (Contoh: Dokter, polisi, pilot, dll.)
3.       Mengenal berbagai macam alat transportasi/angkutan sederhana di darat, laut, dan udara (Contoh: Mobil; kapal laut, pesawat terbang,  dll.)
4.       Memerankan berbagai macam profesi (Contoh: sebagai dokter, polisi, guru, dll.) (bermain peran)

E.      FISIK/MOTORIK

I.     Anak mampu melakukan gerakan tubuh fisik secara terkoordinasi, untuk kelunturan sebagai keseimbangan dan kelincahan
a.   Dapat melakukan gerakan di tempat (motorik kasar)


1.       Memutar dan mengayunkan lengan
2.       Meliukkan tubuh
3.       Membungkukkan badan
4.       Senam fantasi bentuk meniru. Misal: Menirukan berbagai gerakan hewan, menirukan gerakan tanaman, yang terkena angin (sepoi-sepoi dan angin kencang dan kencang sekali) dengan lincah



b.   Dapat  melakukan gerak berpindah tempat sederhana (motorik kasar)
1.       Berjalan ke berbagai arah dengan berbagai cara, misalnya: berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papan titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan jinjit, berjalan mundur.
2.       Melompat ke berbagai arah dengan satu atau dua kaki
3.       Meloncat dari ketinggian 30 - 40 cm
4.       Memanjat, bergelantung, dan berayun
5.       Berdiri dengan tumit, berdiri di atas satu kaki dengan seimbang
6.       Berlari sambil melompat dengan seimbang tanpa jatuh
7.       Merayap dan merangkak dengan berbagai variasi
8.       Naik sepeda roda dua, naik otopet



c.    Dapat  melakukan koordinasi mata-tangan (Motorik halus)

1.       Mengurus dirinya sendiri  tanpa bantuan, misalnya; makan, mandi, menyisir rambut, memasang kancing, mencuci tangan dan melap tangan, mengikat tali sepatu
2.       Memegang pensil dengan benar (antara ibu jari dan 2 jari)
3.       Membuat berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/tanah liat, pasir dll.
4.       Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
5.       Meniru melipat kertas sederhana (5-6 lipatan)
6.       Menjahit bervariasi (jelujur dan silang) dengan tali rafia, benang wol, tali sepatu dll
7.       Menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk/pola (lurus, lengkung, segitiga)
8.       Mencocok bentuk
9.       Menyusun berbagai bentuk dari balok-balok
10.    Membuat lingkaran dan persegi dengan rapi
11.    Meronce dengan manik-manik sesuai pola
12.    Meronce dengan berbagai media. Misal: (bagian tanaman, bahan bekas, karton, kain perca, dll)



d.   Dapat melakukan gerakan tangan untuk kelenturan otot (motorik kasar)

1.       Melambungkan berbagai objek berbagai bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan
2.       Menangkap objek  sesuai bentuk dan ukuran dengan satu atau dua tangan
3.       Melemparkan objek ke berbagai arah dengan tangan kiri atau kanan
4.       Menggulirkan bola menyusuri tanah/lantai dengan satu atau dua tangan
5.       Melemparkan objek ke sasaran dengan satu atau dua tangan
6.       Bermain dengan simpai (di gelindingkan sambil berjalan, berlari dsb)


II.      Anak mampu melakukan kesehatan fisik dan kebersihan dirinya tanpa bantuan
a.   Dapat melakukan kegiatan untuk kesehatan fisik dan kebersihan diri 
1.       Melakukan banyak gerakan koordinasi mata-tangan
2.       Mendemonstrasikan kemampuan motorik kasar seperti melompat dan berlari dengan berbagai variasi
3.       Memiliki kemampuan mendengar yang baik
4.       Membantu dirinya sendiri (makan sendiri, menyisir rambut, memasang tali sepatu, dll. tanpa bantuan)
5.       Melakukan BAB sendiri secara benar
6.       Membersihkan telinga, mencuci rambut, memotong kuku dengan bantuan orang lain

F.       SENI

I.     Anank mampu mengekspresikan diri dan berkreasi dengan berbagai gagasan imajinasi dan menggunakan berbagai media/bahan menjadi suatu karya seni
a.    Dapat menggambar sederhana






1.       Menggambar bebas dengan berbagai media (kapur tulis, pensil warna, krayon, arang, dan bahan alam) dengan rapi
2.       Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, lingkaran, segitiga dan segiempat, dll
3.       Menggambar orang dengan lengkap dan proposional
4.       Mencap dengan berbagai media (jari/finger painting, kuas, pelepah pisang, daun, bulu ayam) dengan lebih rapi



b.    Dapat mewarnai sederhana
1.       Mewarnai bentuk gambar sederhana dengan rapi




c.     Dapat menciptakan sesuatu dengan berbagai media

2.       Menciptakan bentuk bangunan dari balok yang lebih kompleks
3.       Menciptakan bentuk dari kepingan gometri yang lebih kompleks
4.       Menciptakan bentuk dengan lidi, tusuk gigi, sedotan dll
5.       Menganyam dengan berbagai media. Misal: kain perca, daun, sedotan, kertas dll.
6.       Membatik dan jumputan
7.       Membuat gambar dengan teknik kolase dengan memakai berbagai media, (kertas, ampas kelapa, biji-bijian, kain perca, batu-batuan, dll.)
8.       Membuat gambar dengan teknik mozaik dengan memakai berbagai bentuk/ bahan( segi empat, segitiga, lingkaran dll)
9.       Mencocok dengan pola buatan guru atau ciptaan anak sendiri
10.    Bermain warna dengan berbagai media. Misal : Krayon, cat air, benang, kelereng dll
11.    Melukis dengan jari (finger painting)
12.    Melukis dengan berbagai media (kuas, bulu ayam, daun-daunan dll)
13.    Membuat berbagai bunyi dengan berbagai alat (misal: gitar, tamburing, dll)
14.    Membuat berbagai bentuk dari kertas, daun-daunan dll
15.    Mencipta alat perkusi sederhana dan mengekspresikan dalam bunyi yang berirama
16.    Bertepuk tangan dengan 3 pola
17.    Bertepuk tangan  membentuk irama
18.    Menciptakan sesuatu dari bahan bekas (misal: membuat mobil-mobilan dari kardus bekas dll)



d.    Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk gerak sederhana

1.       Mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan atau kakisesuai dengan irama musik/ritmik dengan lentur
2.       Bergerak bebas dengan irama musik
3.       Menari menurut irama/musik yang didengar
4.       Menyanyi sambil berekspresi sesuai lagu anak
5.       Mengekspresikan diri dalam gerak bervariasi



e.     Dapat menyayi dan memainkan alat musik sederhana
1.       Menyanyi lebih dari 20 lagu anak-anak
2.       Menyanyi lagu anak sambil bermain musik



f.     Dapat menampilkan sajak sederhana dengan gaya

1.       Mengucapkan sajak dengan ekspresi yang bervariasi. Misal : perubahan intonasi, perubahan gerak dan penghayatan
2.       Mengekspresikan gerakan sesuai dengan syair lagu dan cerita
3.       Mengucapkan syair sajak sambil diiringi senandung lagunya



g.     Dapat melakukan gerakan pantomim
1.       Menceritakan gerak pantomin ke          dalam bahasa lisan


5 comments to Indikator PAUD Kelompok Umur 5 – 6 Tahun

  1. says:

    imam muhsin SANGAT MEMBANTU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  1. says:

    imam muhsin SANGAT BERGUNA BAGI SELURUH PENDIDIK ANAK USIA DINI

  1. says:

    Ambun Suri Tks udh muat Indikator PAUD 2009. mohon dimuat lagi Indikator Kurikulum 2013. Tks.

  1. says:

    Ambun Suri Tks sudah memuat Indikator Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini sesuai Kurikulum 2009. Dan mohon dimuat Indikator TPP PAUD Kurikulum 2013.Tks.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar dengan bijak tanpa ada unsur sara dan tidak melanggar norma-norma sosial agama.