Kurikulum PAUD menggunakan Multiple Intelligence
Berikut ini contoh indikator yang dikembangkan menurut kecerdasan Multiple Intellegence untuk anak usia 4-5 tahun :
1. KECERDASAN LINGUSITIK
- Mendengarkan orang tua/teman
berbicara
- Dapat menjadi pembicara dan
pendengar yang baik
- Menirukan kembali 3-4 urutan
kata
- Menyebutkan kata-kata dengan
suku awal kata yang sama. Misal: kaki-kaki atau suku kata akhir yang sama,
misal: nama-sama, dll
- Mendengarkan cerita dan
menceritakan kembali isi cerita secara sederhana
- Menjawab pertanyaan tentang
keterangan/informasi secara sederhana
- Bercerita menggunakan kata
ganti aku, saya
- Menunjukkan gerakan-gerakan,
misalnya duduk, jongkok, berlari, makan, melompat, menangis, senang,
sedih, dll
- Menyebutkan posisi/keterangan
tempat. Misalnya: di luar, di dalam, di atas, di bawah, di depan, di kiri,
di kanan, dll.
- Menyebutkan waktu (pagi, siang,
malam)
- Bercerita tentang gambar yang
disediakan atau yang dibuat sendiri
- Menceritakan isi buku walaupun
tidak sama antara tulisan dan yang diungkapkan
- Menghubungkan tulisan sederhana
dengan symbol yang melambangkannya
- Menyebutkan bentuk-bentuk benda
yang baru dilihatnya
- Menceritakan informasi tentang
sesuatu yang diperoleh dari buku
- Menceritakan kembali suatu informasi berdasarkan ingatannya
- Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman ( biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan, benda-benda dimasukkan ke dalam air: apakah terapung, melayang, tenggelam, benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit, mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam rasa, bau dan suara.
2. KECERDASAN MATEMATIKA-LOGIS
- Mengelompokkan benda dengan
berbagai cara yang diketahui anak. Misalnya: menurut warna, bentuk,
ukuran, jenis, dll.
- Menunjuk sebanyak-banyaknya
benda, hewan, tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau
menurut cirri-ciri tertentu.
- Mencoba dan menceritakan apa
yang terjadi jika: warna dicampur, proses pertumbuhan tanaman (
biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan) balon ditiup lalu dilepaskan,
benda-benda dimasukkan ke dalam air: apakah terapung, melayang, tenggelam,
benda-benda yang dijatuhkan (gravitasi), percobaan dengan magnit,
mengamati dengan kaca pembesar, mencoba dan membedakan bermacam-macam
rasa, bau dan suara.
- Membilang atau menyebut urutan
bilangan minimal dari 1-10.
- Membilang dengan menunjuk benda
( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda sampai 5).
- Menunjukkan urutan benda untuk
bilangan sampai 5.
- Mengenal konsep
banyak-serdikit, lebih-kurang, sama-tidak sama.
- Menghubungkan atau memasangkan
lambang bilangan dengan benda-benda sampai 5 ( anak tidak disuruh
menulis).
- Menunjuk 2 kumpulan benda yang
sama jumlahnya, yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit.
- Mengelompokkan bentuk-bentuk
geometri (lingkaran, segi empat, segitiga).
- Menyebutkan kembali benda-benda
yang menunjukkan bentuk-bentuk geometri.
- Mengerjakan maze ( mencari
jejak) yang sederhana.
- Menyusun kepingan puzzle
menjadi bentuk utuh (4-6 keping).
- Memasang benda sesuai dengan
pasangannya.
- Membedakan konsep kasar-halus
melalui panca indera.
- Memecahkan masalah sederhana.
- Menyebutkan konsep
depan-belakang-tengah, atas-bawah, luar-dalam, pertana-terakhir-diantara,
keluar-masuk, naik-turun, maju-mundur.
- Membedakan konsep
panjang-pendek, jauh-dekat, melalui mengukur dengan satuan tak baku (lankah,
jengkal, benang atau tali, dll).
- Membedakan konsep berat-ringan,
gemuk-kurus melalui menimbang benda dengan timbangan buatan dan panca
indera.
- Membedakan konsep penuh-kosong
melalui mengisi wadah dengan air, pasir biji-bijian, beras, dll.
- Membedakan konsep tinngi ke
rendah.
- Membedakan konsep besar kecil.
- Membedakan konsep cepat-lambat.
- Membedakan waktu (pagi, siang,
malam).
- Menyebutkan nama-nama hari
dalam satu minggu, bulan an tahun.
- Memperkirakan urutan berikutnya
setelah melihat bentuk 2 pola yang berurutan. Misalnya merah, putih,
merah, putih, merah,…..
3. KECERDASAN VISUAL SPASIAL
- Membuat berbagai macam coretan
- Membuat gambar dan coretan
(tulisan) tentang cerita mengenai gambar yang di buatnya
- Bercerita tentang gambar yang
disediakan atau yang dibuat sendiri
- Membaca gambar yang memiliki
kata/ kalimat
- Menghubungkan tulisan sederhana
dengan simbul yang melambangkannya
- Menggambar bebas dengan berbagai media (pensil warna, krayon, arang dll) Menggambar bebas dari bentuk lingkaran dan segiempat, menggabar orang dengan lengkap dan sederhana (belum proposional) stempel/mencetak dengan berbagai media (pelepah pisang, batang pepayah, karet busa,dll.)
- Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
- Mewarnai bentuk gambar sederhana
- Mencipta 2 bentuk dari kepingan bentuk geometri
- Mencipta bentuk dengan menggunakan lidi
- Membatik dan jumputan sederhana
- Bermain warna dengan berbagai media.Misalnya: Krayon,cat air,dll
- Melukis dengan jari ( Finger Painting )
4. KECERDASAN MUSIK
- Menyanyikan lagu-lagu keagamaan
yang sederhana
- Membuat bunyi-bunyi dengan
berbagai alat
- Menciptakan alat perkusi
sederhana (misalnya membuat krincingan dari tutup botol)
- Bertepuk tangan dengan 2 pola
untuk membuat irama
- Menggerakakkan kepala, tangan
atau kaki sesuai dengan irama musik/ritmik
- Mengekspresikan diri secara
bebas sesuai irama music
- Menyanyikan lagu secara lengkap
- Menyanyikan beberapa lagu anak
- Mencipta mengarang syair lagu
- Bermain dengan berbagai alat
musik perkusi sederhana
- Mengucapkan syair dari beberapa
lagu
5. KECERDASAN KINESTETIK
- Membuat berbagai bentuk dengan
menggunakan plastisin, playdough/tanah liat
- Menjiplak dan meniru
membuat garis tegak, datar, miring, lengkung dan lingkaran
- Meniru melipat kertas sederhana
(1-6 lipatan)
- Menjahit jelujur 10 lobang
dengan tali sepatu
- Menggunting bebas
- Merobek bebas
- Meronce dengan manic-manik
- Berjalan ke berbagai
cara, isalnya: berjalan maju di atas garis lurus, berjalan di atas papa
titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan ke depan dengan jinjit
(angkat tumit), berjalan mendur
- Melopat ke berbagai arah dega
satu atau dua kaki
- Memanjat,bergantung, dan
berayun
- Berdiri dengan tumit, berjalan
di atas stu kaki dengan seimbang
- Berlari kemudian melompat
dengan seimbang tanpa jatuh
- Berlari dengan berbagai variasi
- Merangkak dengan berbagai
variasi
- Melakukan gerak keseimbangan
pada saatduduk dan berdiri
- Memutar dan mengayunkan lengan
- Menarik dan mendorog benda
- Membungkukkan tubuh
- Membungkukan badan
- Melambungkan dan menangkap
objek (bola besar,kantong biji, dll)
- Menangkap dan melempar objek
(bola besar,kantong biji, dll)
- Memantulkan objek (bola
besar,kantong biji, dll) diam ditempat
- Memantulkan objek (bola
besar,kantong biji, dll) sambil berjalan/ bergerak
- Mencocok dengan pola bantuan
guru
6. KECERDASAN INTERPERSONAL
- Bersikap ramah
- Meminta tolong dengan baik, mengucapkan
salam
- Berterima kasih jika memperoleh
sesuatu
- Berbahasa sopan dalam berbicara
- Mau menyapa dan menjawab sapaan
dengan ramah
- Mau mengalah
- Mau berbagi miliknya dengan
misalnya makanan, mainan, dll
- Meminjamkan miliknya dengan
senang hati
- Sabar menunggu giliran
- Dapat atau suka menolong
7. KECERDASAN INTRAPERSONAL
- Tidak mengganggu teman
- Mampu mengerjakan tugas sendiri
- Menunjukkan kebanggan terhadap
hasil karjanya
- Menggunakan barang orang lain
dengan hati-hati
- Membersihkan diri sendiri
dengan bantuan, misalnya: menggosok gigi, mandi, buang air, dll
- Membantu membersihkan
lingkungannya
- Berhenti bermain pada waktunya
- Dapat dibujuk
- Tidak cengeng
- Mematuhi perintah secara
sederhana
- Dapat dibujuk agar tidak
cengeng lagi dan berhenti menangis pada waktunya
- Mengenal dengan baik jenis
permainan yang dipilih sendiri dan menghindari benda-benda berbahaya
- Mengetahui barang-barang milik
sendiri dan milik orang lain
- Mengembalikan alat permainan
pada tempatnya
- Melaksanakan tata tertib yang
ada di sekolah
- Mengikuti aturan permainan
- Melaksanakan tugas yang
diberikan guru
- Mengenal dan menjaga barang
milik sendiri
- Dapat memasang kancing atau
resleting sendiri
- Memasang dan membuka tas sepatu
- Mampu makan sendiri
- Membuang sampah pada tempatnya
- Berani pergi dan pulang sendiri
- Mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan. Misal: makan, mandi, menyisir rambut, mencuci, menggosok/membersihkan sepatu, dan mengikat tali sepatu
- Menyiram tanaman, member makan binatang
- Membantu membersihkan lingkungannya
- Membuang sampah pada tempatnya
8. KECERDASAN NATURAL
- Menyiram tanaman, memberi
makan binatang
- Membantu membersihkan
lingkungannya
- Membuang sampah pada tempatnya
9. KECERDASAN SPIRITUAL
- Berdoa sebelum dan sesudah
melaksanakan kegiatan
- Menyanyikan lagu-lagu keagamaan
- Menirukan gerakan ibadah secara
sederhana
- Menyebutkan waktu beribadah
- Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan.
Indikator diatas adalah hanya sebagian contoh saja, untuk pengembangan dari indikator tersebut bisa dikembangkan sendiri disesuaikan kebutuhan lembaga masing-masing.
kereen... tengkyu yaa sangat bermanfaat
BalasHapusluar biasa
BalasHapusjempol
BalasHapus